Banda Aceh (ANTARA News) - Takbiran keliling menyambut perayaan Idul Adha 1432 Hijriah yang diikuti puluhan kendaraan hias di Kota Banda Aceh, Sabtu malam, berlangsung semarak meski ditengah hujan gerimis.

Takbiran keliling kendaraan hias yang dilepas Sekda Provinsi Aceh Teuku Setia Budi di depan halaman Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh itu mengelilingi sejumlah ruas jalan protokol atau sepanjang sekitar delapan kilometer.

Selain kendaraan hias, peserta takbiran keliling itu juga diikuti kelompok pejalan kaki yang terdiri dari remaja masjid di kota berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa tersebut.

Kumandang suara takbir, tahmid dan tahlil mengagungkan nama Allah SWT juga terpancar dari masjid dan meunasah (mushala) di seluruh gampong di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar menyambut hari raya haji (Idul Adha) 2011.

Sementara sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta konvoi kendaraan hias peserta takbiran keliling juga dipenuhi masyarakat seperti sepanjang jalan Teuku Hasan Dek Beurawe dan T Nyak Arief Kota Banda Aceh.

Aparat kepolisian khususnya polisi lalu lintas tampak ekstra mengatur arus kendaraan terutama sepanjang jalan yang dilalui konvoi peserta takbiran keliling.

Warga menyaksikan konvoi kendaraan hias yang sebagian besar beornamen masjid dan rumah adat Aceh itu tetap bertahan meski dalam suasana hujan gerimis.

Sementara itu sejumlah ruas jalan khususnya menuju pusat perbelanjaan di kota "bandar wisata Islami" Kota Banda Aceh tersebut juga terjadi kemacetan karena padatnya arus kendaraan.

Pusat perdagangan, kawasan pertokoan dan mal di Kota Banda Aceh juga masih dipadati masyarakat yang berbelanja berbagai barang kebutuhan menyambut lebaran.

Pemerintah Aceh mengeluarkan keputusan tentang perpanjangan liburan selama dua hari bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di provinsi itu, yakni mulai 7-8 Nopember 2011.

(T.A042)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011