Batam (ANTARA News) - Ribuan warga Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau yang ingin merayakan Idul Adha 1432 Hijriyah di kampung halaman menggunakan kapal feri memadati Pelabuhan Domestik Sekupang.

Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang Erwin Syafrizal di Pelabuhan Domestik Sekupang, Sabtu mengatakan ribuan pemudik sudah mulai memadati pelabuhan sejak pagi.

"Jumlah penumpang mengalami lonjakan yang signifikan dibanding hari-hari biasa. Beberapa kapal tambahan juga diberangkatkan," kata dia.

Menurut Erwin, pada hari-hari biasa jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Pelabuhan Domestik Sekupang hanya sekitar 1.500, namun pada Sabtu jumlahnya hampir dua kali lipat.

"Data pastinya saya belum pegang. Namun dipastikan peningkatannya hampir dua kali lipat," tambah dia.

Erwin mengatakan, penumpang dengan tujuan Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, Moro, dan pulau-pulau kecil di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendominasi.

"Kapal tujuan daerah tersebut semua penuh. Untuk tujuan kota/kabupaten Provinsi Riau, seperti Duri dan Selatpanjang serta tujuan Kuala Tungkal Jambi jumlahnya tidak begitu mengalami lonjakan," kata dia.

Selain jumlah penumpang yang berangkat dari Batam mengalami kenaikan, Erwin mengatakan jumlah penumpang yang datang juga mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan.

"Beberapa kapal yang datang juga terlihat penuh. Terutama yang tiba pada siang hingga sore hari. Peningkatan penumpang yang datang malah sudah terlihat sejak Jumat sore," ujar dia.

Erwin mengatakan, penumpang yang hari ini meninggalkan Batam akan kembali pada Minggu sore atau Senin pagi, karena Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Minggu sehingga jumlah libur tidak panjang.

"Kemungkinan Minggu sore dan Senin pagi akan menjadi puncak balik bagi pemudik, karena tidak ada libur panjang, sehingga mereka akan langsung kembali bekerja," tambah dia.

Sepanjang Sabtu, cuaca di Batam terlihat cerah sehingga tidak mengganggu jadwal pelayaran.

(ANT-292/N005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011