Jakarta (ANTARA) - Jimmy Butler memborong 45 poin yang jadi rekor terbaiknya pada fase playoff saat memimpin Miami Heat menggandakan keunggulan atas Atlanta Hawks 2-0 dengan memenangi Gim 2 putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA di FTX Arena, Florida, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Raihan gemilang itu diwarnai catatan meraup tujuh poin beruntun tanpa balas maupun diselingi rekan-rekannya, dan Butler membukukan itu semua lewat konversi 15 dari 25 percobaan tembakan terbuka, 11 dari 12 kesempatan lemparan bebas serta empat kali sukses dari tujuh tembakan luar busur.

Tyler Herro menambahkan 15 poin, Max Strus mencetak 14 poin, dan Gabe Vincent melengkapi dengan 11 poin bagi Heat yang akan membawa bekal positif menjelang dua gim lanjutan di markas Hawks.

Baca juga: Stephen Curry pimpin Warriors mantapkan keunggulan atas Nuggets

Bojan Bogdanovic jadi penampil terbaik Hawks dengan 29 poin diikuti Trae Young yang mencetak 25 poin, tujuh assist, dan enam rebound, tapi di waktu bersamaan tercatat 10 kali kehilangan bola alias melakukan turnover.

De'Andre Hunter mendapatkan 16 poin, sedangkan John Collins meraih dwiganda 13 poin dan 10 rebound, demikian catatan situs resmi NBA.

Dua kuarter pertama diwarnai 12 kali perpindahan keunggulan bahkan kedua tim beberapa kali berada dalam skor yang seimbang hingga Heat menutup paruh pertama dengan keunggulan tipis 56-54 disokong three-point play dari Butler.

Heat menciptakan marjin keunggulan relatif lebar dalam kedudukan 80-66 berkat rentetan 16-4 yang ditutup tiga lemparan bebas Butler pada sisa waktu lima menit delapan detik kuarter ketiga, sebelum periode itu berakhir dengan skor 87-76.

Baca juga: Bangkit rebut Gim 2, Mavericks imbangi Jazz 1-1

Pada kuarter pemungkas Hawks berjibaku mengejar ketertinggalan dan sudah mendekat sedekat 101-104 lewat tripoin Bogdanovic saat pertandingan menyisakan tiga menit 15 detik.

Namun sejak itu lampu sorot pertandingan mengarah sepenuhnya kepada Butler yang dalam rentang waktu 56 detik menghempaskan dunk, melesakkan tripoin dan melakukan dunk lagi demi menghadirkan rasa aman bagi Heat dalam kedudukan 111-101.

Empat lemparan bebas yang sukses dikonversi Herro dalam 45,5 detik terakhir pertandingan mengunci kemenangan 115-103 bagi Heat.

Heat selanjutnya akan bertandang ke markas Hawks di State Farm Arena, Georgia, untuk Gim 3 pada Jumat (22/4) waktu setempat dan pertandingan berikutnya yang digelar dua hari berselang.

Baca juga: 76ers sementara ungguli Raptors 2-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022