Jakarta (ANTARA) - Jasa penyewaan mobil di Jakarta Timur kewalahan melayani pesanan dari warga menjelang arus mudik pada Lebaran tahun ini.

Salah satu pemilik penyewaan (rental) mobil, Ricky Aridiyawan mengatakan, pihaknya kebanjiran pesanan penyewaan mobil dari calon pemudik hingga 200 persen dibandingkan musim mudik tahun 2019.

"Saya ucapkan terima kasih pada pemerintah yang telah mengeluarkan kebijakan mudik bagi masyarakat. Jujur ini membuat angin segar untuk kita selaku pengusaha rental untuk bisa meningkatkan perekonomian," kata Ricky Aridiyawan di Jakarta, Rabu.

Ricky menambahkan, sudah ada ratusan calon pemudik yang telah melakukan pemesanan penyewaan mobil pada Lebaran tahun ini. Tempat rentalnya yang berada di Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, sedang menerima banyak pesanan dari warga yang hendak mudik.

"Kalau kebanjiran order jelas, kita bisa lihat dari data web kita jumlah pengunjung setiap minggunya bisa mencapai 10 ribu pengunjung. Per hari antara 30-50 orang yang 'booking' saat ini rate-nya sudah di atas 50 unit," ujar Ricky.

Baca juga: Terminal Kalideres periksa kelayakan 152 bus AKAP menjelang arus mudik
Baca juga: Tiket bus AKAP di Terminal Pulo Gebang ludes menjelang arus mudik


Ricky menjelaskan, warga yang telah melakukan pemesanan penyewaan mobil untuk wajib membawa persyaratan berupa SIM A, fotokopi KTP dan NPWP serta harus lolos verifikasi rumah yang dilakukan pihak rental untuk mencegah mobil disalahgunakan.

Dia mengatakan, pihaknya juga menyediakan beragam paket harga penyewaan mobil yang dapat dipilih oleh calon pemudik.

"Ada paket lima hari dan paket 10 hari kalau untuk sekelas Avanza, Ertiga, Mobilio itu di angka Rp650.000 per hari. Kalau untuk kelas Innova kita kenakan Rp850.000 per hari, peningkatannya sekitar 20 persen dari harga normal," tutur Ricky.

Salah satu penyewa mobil, Raka mengatakan, dirinya memilih menggunakan jasa penyewaan mobil untuk mudik ke kampung halamannya di Jawa Timur karena lebih fleksibel dari segi waktu.

"Senang sekali karena sudah lama enggak pulang kampung. Saya setiap mudik bisa dikatakan selalu menyewa mobil," kata Raka.
Baca juga: Polisi siapkan vaksinasi bagi pemudik di Terminal Bus Tanjung Priok
Baca juga: Wagub DKI imbau calon pemudik segera vaksinasi penguat

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022