Longsor terjadi setelah hujan turun detas dengan intensitas lebih dari dua jam, menyebabkan tebing setinggi 30 meter ambruk menutup landasan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian 1,5 meter
Cianjur, Jabar (ANTARA) - Jalan penghubung antarkabupaten di Desa Giri Mukti, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terputus sementara akibat tertimpa longsor, sehingga jalan menuju Bandung atau sebaliknya menuju Cianjur tidak dapat dilalui kendaraan.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo di Cianjur, Rabu mengatakan longsor terjadi setelah hujan turun detas dengan intensitas lebih dari dua jam, menyebabkan tebing setinggi 30 meter ambruk menutup landasan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian 1,5 meter.

"Akibatnya jalan utama penghubung antar desa dan kabupaten itu, tidak dapat dilalui kendaraan roda dua atau roda empat, untuk sementara akses jalan terputus. Petugas gabungan bersama warga dibantu aparat TNI/Polri, berusaha membuka kembali jalan tersebut," katanya.

Untuk melakukan aktifitas khususnya perekonomian warga dapat memilih jalur lain ke Kecamatan Cibinong, namun membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga upaya mendatangkan alat berat untuk mempercepat menyingkirkan material longsoran telah dilakukan melalui PUPR Provinsi Jabar.

"Kita upayakan ada bantuan alat berat dari dinas terkait di pemprov atau Cianjur, agar akses jalan dapat kembali dilalui karena jalan alternatif lebih jauh dan memakan waktu lama. Untuk sementara petugas bersama warga menggunakan alat seadanya," katanya.

Hingga Rabu petang, warga sekitar bersama petugas dan relawan masih berupaya membuka kembali akses jalan yang tertutup longsor dengan alat manual agar aktifitas perekonomian tetap berjalan dan warga tiga desa tidak sampai terisolir.

"Kami berharap bantuan alat berat segera datang agar jalan antar kabupaten ini dapat kembali dilalui kendaraan karena tingginya aktifitas terutama menjelang lebaran. Tebing longsor setelah hujan turun deras dengan intensitas lebih dari dua jam," kata saksi mata warga sekitar Deni Heruman.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun aktifitas warga dari tiga desa terhambat dan transportasi dari Bandung ke Cianjur atau sebaliknya tidak dapat berjalan.

"Kami berharap bantuan segera datang dan material longsor segera disingkirkan," katanya.


Baca juga: Jalan nasional penghubung Bandung-Cianjur putus karena longsor

Baca juga: Bagian jalan penghubung Cianjur dengan Bandung terdampak longsor

Baca juga: Banjir bandang dan longsor tutup ruas jalan utama Bandung-Cianjur

Baca juga: Jalur Bandung-Cianjur dapat dilalui, pengendara diminta hati-hati

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022