Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis putri Pia Zebadiah memutuskan mundur dari Pelatnas Cipayung menyusul pencoretan namanya dari tim SEA Games dan dipisah dari pasangannya Fran Kurniawan.

"Betul saya keluar, habis mau apa lagi, di Pelatnas juga tidak ada pasangan," ujar Pia yang dikonfirmasi, Minggu malam.

Menurut ibunda Pia, Yul Asteria Zakaria, putrinya itu berpamitan kepada pelatih ganda campuran Richard Mainaky pada Kamis (3/11).

"Rencananya besok (Senin, 7/11) baru saya sampaikan surat resminya karena kesehatan saya menurun dan perlu dirawat di rumah sakit," kata Yul.

Tersingkirnya ganda campuran peringkat sembilan dunia Fran Kurniawan-Pia Zebadiah pada babak awal Denmark dan Prancis Terbuka membuat PBSI mencoret mereka dari tim SEA Games dan menggantinya dengan pasangan Muhammad Rijal-Debby Susanto.

Selain itu, mereka juga dipecah tidak lagi menjadi pasangan. Fran dipasangkan dengan Shendy Puspa Irawati sedangkan Pia untuk sementara tidak punya pasangan.

Pasangan Pia, Fran, yang dikonfirmasi mengenai pemecahan duet mereka, membenarkan bahwa mereka dipisah mulai Macau Terbuka pada 29 November - 4 Desember mendatang.

"Mulai Macau Terbuka saya dipasangkan dengan Shendy," kata Fran. (F005/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011