Baghdad (ANTARA News) - Empat bom meledak di pasar Shorjah di Baghdad, Ahad, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai 29 orang lainnya pada hari pertama Idul Adha, hari raya kurban umat Islam, kata beberapa pejabat keamanan.

Bom-bom itu meledak pada sekitar pukul 13 waktu setempat (pukul 17 WIB), sehingga membakar sebagian dari pasar itu, kata pejabat kementerian dalam negeri dan kementerian pertahanan, yang memberikan korban terakhir satu orang tewas dan 29 orang terluka, lapor AFP.

Pasar Shorjah di pusat ibu kota adalah pasar penting di Irak, dan telah ada lebih dari 700 tahun lalu, dari periode Kerajaan Abbasid (Abbasiyah).

Komando operasi Baghdad telah mengumumkan langkah-langkah keamanan tambahan di sekitar masjid, tempat parkir dan tempat umum lainnya untuk menjaganya pada saat perayaan Idul Adha.

Sekitar 32.000 anggota pasukan keamanan juga telah dikerahkan di pusat kota suci Syiah Najaf pada Idul Adha, kata sumber keamanan di provinsi itu.

Kekerasan telah menurun di seluruh negara itu sejak puncaknya pada 2006 dan 2007, tapi serangan masih biasa terjadi. Menurut hitungan resmi, semuanya 258 orang telah tewas pada Oktober 2011. (S008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011