Palembang (ANTARA News) - Sejumlah atlet nasional yang telah berada di Palembang, Sumatera Selatan untuk persiapan SEA Games XXVI, 11-22 November mendatang, tetap merayakan Idul Adha meskipun secara sederhana.

Atlet ski air asal Sumsel, Indra Hadinata mengatakan di Palembang, Minggu, meskipun secara sederhana tapi tetap memaknai Hari Raya Kurban itu.

"Meskipun sedang mempersiapkan diri untuk SEA Games, tapi tetap merayakan Lebaran meskipun secara sederhana. Hari ini kami libur latihan dan diberikan kesempatan untuk merayakan Lebaran," kata Indra.

Menurut dia, libur yang diberikan itu dimanfaatkannya untuk mengunjungi keluarga yang ada di Kota Palembang.

"Karena saya asli Palembang jadi bisa mengunjungi keluarga, tapi teman-teman saya umumnya memanfaatkan dengan jalan-jalan, seperti ke mal atau tempat lain. Tapi, ada juga yang ikut dengan saya," kata dia lagi.

Dia mengungkapkan, libur satu hari itu menjadi kesempatan para atlet untuk melakukan penyegaran menjelang bertanding.

"Hitung-hitung libur ini untuk menjernihkan pikiran, karena sebentar lagi akan bertanding. Besok (Senin, 7/11), sudah berlatih lagi untuk pemantapan persiapan akhir," ujar dia.

Senada dengan Indra, Kapten Tim Bisbol Indonesia Donny Trisandi mengatakan, memanfaatkan libur satu hari untuk relaksasi.

"Menjelang pelaksanaan SEA Games yang sangat dibutuhkan saat ini kesiapan mental. Latihan yang dilakukan lebih kepada penguatan tim dan tidak lagi kepada hal-hal teknis," ujar dia.

Dia menerangkan, tim pelatih sengaja memberikan libur untuk menghormati atlet-atlet yang beragama Islam.

"Hari Raya Kurban merupakan salah satu hari raya besar dalam Islam, jadi wajar saja diliburkan meskipun SEA Games tinggal menghitung hari," kata atlet DKI Jakarta ini pula.

Dia menambahkan, seusai hari raya itu, para atlet akan benar-benar fokus menyiapkan diri untuk pertandingan SEA Games.

"SEA Games sudah di depan mata, hal itu mungkin membuat atlet tidak terlalu begitu merayakannya. Padahal, jika berada bersama keluarga, tentunya akan dirayakan dengan penuh suka cita," kata dia lagi.

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang mendadak sepi dari aktivitas, mengingat pada hari Minggu ini umat Islam merayakan Idul Adha.

Suasana Jakabaring Sport City yang biasanya riuh dengan berbagai kegiatan pembangunan dan lalu lalang kendaraan berat, juga terlihat lebih lengang.

Sejumlah arena pertandingan (venues) yang biasanya ramai oleh kegiatan latihan para atlet tim nasional pun terlihat sepi.

Menurut Deputi I Panitia Pelaksana SEA Games Indonesia (InaSOC) Sumsel, Musni Wijaya, kedatangan kontingen Indonesia ke Palembang akan dilakukan secara bertahap, seusai Idul Adha.

"Mulai Senin besok kontingen Indonesia akan mulai berdatangan. Sedangkan, tim-tim negara lain akan datang pada 7 November, dan puncaknya pada 8-9 November," ujar Musni. (ANT-037/B014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011