Stockholm (ANTARA News)- Begitu ponsel pintar mengambilalih kendali, maka lalu lintas data mobile seketika meningkat, demikian sebuah studi dari pembuat perangkat telekomunikasi Swedia, Ericsson.

Ericsson mengatakan, lalu lintas itu diperkirakan meningkat 10 kali lipat dalam lima tahun ke depan.

Dalam laporannya yang berjudul "Traffic and Market Data", Ericsson mengatakan bahwa lalu lintas ponsel pintar global diperkirakan naik tiga kali lipat selama 2011 saja.

Laporan Ericsson ini didasarkan pada ukuran-ukuran yang tercatat selama beberapa tahun di jejaring langsung yang meliputi semua kawasan di dunia.

"Pelanggan broadband mobile akan mencapai hampir lima miliar pada 2016, naik dari perkiraan akhir tahun 2011 yang sebesar 900 juta," kata perusahaan itu seraya menekankan bahwa angka itu akan menggambarkan 60 persen pertumbuhan tahun ke tahun.

Melonjaknya akses internet dalam lima tahun ke depan, tak tergantung perangkat yang digunakan, ditaksir terdorong secara khusus oleh video, demikian Ericsson.

Laporan itu juga mengisyaratkan meningkatnya perbedaan digital antara para pemilik dan bukan pemilik ponsel pintar.

"Sampai 2016, pengguna yang tinggal (di daerah perkotaan) kurang dari 1 persen dari wilayah total Bumi diperkirakan menciptakan sekitar 60 persen lalu lintas mobile," demikian laporan Ericsson itu seperti dikutip AFP. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011