Jakarta (ANTARA) - Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti mengharapkan Presidensi G20 Indonesia memberikan hasil yang substantif untuk pemulihan global pascapandemi COVID-19

“Kami mengharapkan dan mendukung diskusi global yang akan memungkinkan pengembangan kapasitas jangka panjang, berbagi praktik terbaik, dan pendekatan yang mencakup semua, sehingga solusi akhir dapat berpusat pada manusia,” Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Kamis.

India, sebagai anggota Troika G20 dan Presidensi G20 yang akan datang, berdiri dalam solidaritas dengan Indonesia dan mendukung prioritas Indonesia di G20.

“Kami menegaskan kembali kesiapan kami untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dan negara-negara anggota G20 untuk memajukan prioritas bersama kami, dalam semangat kesinambungan dan konsistensi,” kata dia.

Selain itu, India mendukung transisi energi global yang adil, inklusif, dan berkeadilan, dan mendesak negara-negara di seluruh dunia untuk berdiskusi tentang isu-isu inti, dengan fokus pada solusi pragmatis dan human-centric untuk isu-isu global.

“Menyangkut India, kami telah menegaskan kembali komitmen kami untuk target spesifik yang diumumkan oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada COP ke 26 pada 2021. India telah mengumumkan net-zero commitment yang ambisius pada tahun 2070,” ujar Bharti.

Pada Sidang Umum PBB ke-76 pada April tahun ini, India menyerukan peningkatan fokus pada pola konsumsi, transfer teknologi, dan ekonomi sirkular.

“Kami akan terus bekerja untuk mempromosikan gaya hidup berkelanjutan, transisi energi berkelanjutan, keuangan dan teknologi iklim, kemajuan menuju SDGs, ketahanan rantai pasokan, menghilangkan sampah plastik dan pengurangan risiko bencana,” katanya.

Baca juga: India dukung penuh tiga isu prioritas Presidensi G20 Indonesia
Baca juga: India tawarkan beasiswa, program pelatihan ke pelajar Indonesia
Baca juga: Dubes India: Tema Presidensi G20 Indonesia tekankan persatuan


Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022