Beijing (ANTARA News) - Presiden China Hu Jintao akan bertemu dengan timpalannya Presiden AS, Barack Obama, di Pertemuan Kepemimpinan Informal Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) ke19, kata Asisten Menteri Luar Negeri China, Wu Hailong, Senin.

Dia mengatakan, KTT APEC akan diselenggarakan pada 12-13 November di Hawaii, dengan tema "perekonomian kawasan tanpa kendala."

Menurut Wu, yang berbicara pada briefing media Kementerian Luar Negeri, Hu akan menghadiri "Pertemuan informal Para Pemimpin APEC, Dialog para Pemimpin dengan Perwakilan Dewan Penasehat Bisnis APEC, dan KTT CEO APEC."

China berharap para anggota APEC akan menerapkan strategi pertumbuhan ekonomi yang disepakati tahun lalu, berjuang untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkeseimbangan, inklusif, berkelanjutan, inovatif dan aman, kata Wu.

China mengharapkan anggota APEC untuk secara komprehensif mempromosikan perdagangan regional dan liberalisasi investasi, katanya.

Dia menambahkan bahwa semua anggota harus memenuhi komitmen mereka dan menentang segala bentuk proteksionisme perdagangan.

Wu mengatakan, anggota APEC harus memperkuat kerja sama ekonomi dan teknis untuk meningkatkan kemampuan pengembangan anggota negara berkembang, dan untuk mencapai kesejahteraan umum.

"Anggota APEC pada umumnya memiliki sikap positif terhadap usulan AS di berbagai bidang seperti pertumbuhan hijau, kebijakan inovasi. Tetapi beberapa hasil yang diharapkan AS berada di luar kapasitas anggota berkembang. Dan mereka telah menyatakan kesulitan dan keprihatinan mereka," Wu kata.

"Namun, semua pihak berharap pertemuan ini akan mencapai hasil yang seimbang dan praktis".
(H-AK/B002)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011