Padang (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat Nofrizon meminta calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat tak memiliki kepentingan untuk maju pada Pemilu 2024 karena jika dilantik nanti tidak akan fokus dalam melakukan pembinaan olahraga di provinsi itu.

“Kita ingin Ketua KONI Sumbar nanti bisa fokus bekerja mengangkat olahraga Sumbar yang terpuruk saat ini,” kata dia ketika dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia mengatakan, apabila mereka yang maju di Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) menjadikan KONI Sumbar sebagai alat untuk bisa duduk di legislatif di Pileg 2024 tentu sangat disayangkan.

Baca juga: KONI pusat berhentikan Agus Suardi sebagai Ketua KONI Sumbar

Ia menilai sosok Ketua Umum KONI Sumbar ke depan harus orang yang peduli dan memiliki kapasitas untuk memajukan Sumbar.

“Jangan orang yang mencari hidup di KONI karena institusi ini memiliki dana hibah yang cukup besar dan sangat rawan disalahgunakan,” kata dia.

Ketua KONI Sumbar hendaknya mapan secara finansial sehingga apabila anggaran APBD belum cair maka ketua yang menutupi kebutuhan anggaran tersebut.

Jangan hanya menghabiskan anggaran KONI Sumbar untuk kebutuhannya dan anggaran daerah yang harusnya memajukan olahraga tidak tepat sasaran.

“Pembinaan olahraga ini harus fokus untuk melakukan pembinaan dan memajukan olahraga Sumbar,” katanya.

Sementara Plt Ketua Umum Hamdanus dan Plt Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumater Barat Syafrizal Bachtiar menyatakan kesiapan mereka berebut posisi Ketua Umum KONI Sumbar di dalam Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) yang akan digelar beberapa bulan lagi.

“Saya bismillah ikut maju di Musorprovlub ini,” kata dia.

Plt Sekretaris Umum KONI Sumbar Syafrizal Bachtiar juga menyatakan keikutsertaannya dalam pencarian Ketua Umum KONI definitif
​​​ini.

“Insyaallah saya sudah menyatakan keinginan untuk maju sejak Desember lalu,” kata dia.

Baca juga: KONI Sumbar klaim tidak gagal di PON Papua

Ia mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan mantan Ketua KONI Sumbar Agus Suardi sejak PON lalu dan hingga saat ini dirinya tetap pada prinsip maju dalam Musorprovlub.

“Kita sudah koordinasi dengan sejumlah cabor untuk hal ini. Ini tidak bisa kita beritahu berapa jumlah cabornya,” kata dia.

Selain itu sejumlah nama juga diprediksi tengah mengumpulkan rekomendasi cabang olahraga dan KONI Kota dan Kabupaten untuk diusung dalam Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub).

Mulai dari mantan Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI (Purn) Hargianto yang akan maju dalam pencalonan Ketua KONI Sumbar.

Selain itu ada nama Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Djoinaldy yang juga muncul sebagai kandidat untuk menyelamatkan olahraga Sumatera Barat.

Plt Ketum KONI Sumbar Hamdanus mengatakan sejak penunjukan dirinya sebagai Plt Ketua KONI Sumbar salah satu tugas adalah menggelar Musorprovlub.

Ia diberi waktu empat bulan oleh KONI pusat untuk menggelar kegiatan tersebut dan ia menargetkan pada bulan ketiga nanti yakni sekitar bulan Juni tahapan sudah dimulai.

“Kita di unsur pimpinan KONI Sumbar telah dua kali menggelar rapat dalam mempersiapkan Musorprovlub ini. Untuk penetapan panitia saat ini masih kita bahas secara bersama,” kata dia.

Ia mengatakan tidak ingin terburu-buru dalam menggelar Musorprovlub ini namun dipersiapkan secara matang agar semua berjalan lancar.

“Target kita memang di bulan Juni sudah masuk tahapan Musorprovlub ini,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022