Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman melantik jajaran pengurus KONI Sumatera Barat periode 2021-2025 di lantai 12 gedung KONI Pusat, Jakarta, Jumat.

Pelantikan Ketua Umun KONI Sumatera Barat Ronny Pahlawan beserta jajarannya baru dilakukan pada 2023 karena adanya dinamika pergantian kepengurusan sebelumnya.

“Kita harapkan di bawah kepengurusan Bapak Ronny Pahlawan beserta jajaran pengurus yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, prestasi atlet-atlet Sumatera Barat pada PON ke-21 2024 Aceh-Sumatera Utara tidak kalah dibanding keikutsertaan pada PON ke-20 2021 Papua," kata Ketua Umum KONI Marciano Norman kepada pewarta.

Marciano Norman mengatakan KONI Sumbar harus segera mempersiapkan atlet-atlet untuk mengikuti babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara dan pemusatan latihan daerah untuk kejuaraan nasional lainnya.

"Tugas mereka harus mempersiapkan atlet-atletnya untuk mengikuti babak kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumatera Utara yang akan dilakukan pada 2024. Selain itu mereka harus mempersiapkan pemusatan latihan daerah untuk kejuaraan nasional," ungkap Marciano Norman.

Pada PON 2021 Papua, Sumbar berada di urutan ke-15 dengan meraup delapan emas, 12 perak, dan 18 perunggu.

Sumatera Barat juga menyumbangkan sejumlah atlet yang memperkuat tim nasional Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja.

Sebanyak tiga atlet asal Sumatera Barat menyumbang medali pada SEA Games Kamboja. Satu atlet, Randa Riandesta peraih medali emas gulat dan dua lainnya adalah Muhammad Afis yang memperkuat tim kriket serta Dzaki Fathullurahman dari cabang olahraga kun bokator.

"Tugas KONI Sumatera Barat memang tidak mudah. Ke depan ada agenda Porprov dan pekan olahraga wilayah kemudian beberapa kejuaraan nasional. Mudah-mudahan dengan dukungan dari KONI Pusat dan pemerintah daerah juga masyarakat Sumatera Barat, kami dapat berlari kencang untuk mempersiapkan semuanya," kata Ronny Pahlawan.

Baca juga: POTSI berupaya agar teqball bisa menjadi anggota KONI
Baca juga: Marciano Norman daftar jadi bakal calon Ketua KONI periode 2023-2027
Baca juga: Ketum KONI ingin Gorontalo bina cabang olahraga prioritas

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023