Jakarta (ANTARA) - Letjen (Purn) Marciano Norman daftar menjadi bakal calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) periode 2023-2027 usai menyerahkan berkas persyaratan calon ketua kepada tim penjaring dan penyaringan (TPP).

Ketua Tim Penjaring dan Penyaring (TPP) bakal calon Ketua Umum KONI Mayjen TNI Purn Andrie Tardiwan Utama Soetarno dan jajarannya menerima berkas dari bakal calon Ketua Umum KONO di lantai 10 gedung KONI Pusat, Jakarta, Selasa.

“Insyaallah, apabila Allah berkehendak dan memberi kesempatan saya sekali lagi untuk menjadi Ketum KONI Pusat masa bakti 2023-2027, tentunya saya akan membawa organisasi ini kembali menuju sasaran utama yang selama ini kita (KONI) canangkan, dan karena berbagai kendala belum bisa tercapai yaitu visi ‘KONI menuju kemandirian,” kata Marciano Norman kepada pewarta.

Marciano Norman menjelaskan bahwa kemandirian yang dicanangkan untuk KONI berarti membangun kepercayaan dari semua pihak yang terlibat dalam dunia olahraga Indonesia.

“Kemandirian KONI itu berarti membangun kepercayaan semua pihak kepada KONI Pusat, baik dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), kemudian dari pemangku kepentingan di bidang olahraga lainnya baik itu Komite Olimpiade Indonesia (KOI), kemudian para pimpinan pengurus besar dan pengurus pusat cabang olahraga, KONI Provinsi dan yang berikutnya adalah masyarakat pencinta olahraga," ungkap Marciano Norman.

Pendaftaran bakal calon Ketua Umun KONI Pusat masa bakti 2023-2027 dibuka sejak tanggal 15 hingga 20 Juni. TPP akan menutup pendaftaran bakal calon Ketua Umum hingga pukul 17:00 WIB.

Dari pantauan pewarta hingga siang hari ini, TPP menyampaikan bahwa baru Marciano Norman yang menjadi satu-satunya bakal calon Ketum KONI Pusat yang mendaftar.

Selanjutnya bakal calon ketua umum yang lolos verifikasi berkas bakal disampaikan pada tanggal 23 Juni mendatang. Lalu pada 4-5 Juli akan diadakan Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) untuk memilih Ketua Umun KONI di Jakarta.

Baca juga: Ketua KONI kukuhkan pengurus PSSI periode 2023-2027
Baca juga: KONI Pusat minta tidak ada mutasi atlet antardaerah

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023