Jakarta (ANTARA) - Letjen (Purn) Marciano Norman menjadi calon tunggal Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) periode 2023-2027.

Hal itu diumumkan oleh Ketua Tim Penjaring dan Penyaring (TPP) bakal calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat masa bakti 2023-2027 Mayjen TNI Purn Andrie Tardiwan Utama Soetarno di lantai 11, gedung KONI Pusat, Jakarta, Jumat.

"Dari awal pendaftaran yang dibuka pada tanggal 15 Juni hingga hari ini (23/6) yang mendaftar hanya atas nama Letjen TNI Purn Marciano Norman, hasil verifikasinya juga telah memenuhi persyaratan dan didukung 38 KONI Provinsi, 69 Pengurus Besar/Pengurus Pusat anggota KONI Pusat. Berdasarkan rapat verifikasi dan validasi, bakal calon atas nama Letjen TNI Purn Marciano Norman ditetapkan sebagai calon Ketua Umum KONI Pusat masa bakti 2023-2027.” kata Andrie Tardiwan.

Andrie menjelaskan bahwa persyaratan untuk menjadi calon Ketua Umum KONI harus memperoleh dukungan dari KONI provinsi sebanyak 30 persen dari jumlah 38 provinsi atau sekitar 13 KONI provinsi.

Baca juga: Marciano Norman daftar jadi bakal calon Ketua KONI periode 2023-2027

Selain itu persyaratan dukungan cabang olahraga juga harus terpenuhi yaitu bakal calon Ketua Umun KONI harus mengumpulkan 13 suara dari 78 cabang cabang olahraga.

Setiap persyaratan menjadi calon wajib mendapat 30 persen dukungan dari 38 KONI Provinsi. Beliau sudah mendapat dukungan dari KONI provinsi semuanya. Sementara untuk dukungan cabang olahraga sebanyak 13 dari 78 cabang olahraga yang terbagi dari 72 cabang olahraga dan 6 badan fungsional. Marcelino Norman mendapat dukungan 69 cabang olahraga. Ini sudah memenuhi syarat, kata Andrie Tardiwan.

Ditanya mengenai calon tunggal Ketua Umum KONI periode 2023-2027 bakal dipilih secara aklamasi, Andrie Tardiwan mengungkapkan hal itu merupakan ketentuan dari pimpinan sidang musyawarah olahraga nasional bukan kebijakan dari TPP.

"Nanti hasil ini (verifikasi dan hasil calon Ketua Umum) akan dilaporkan kepada pimpinan sidang pada Musyawarah Olahraga Nasional. Tentunya apakah dilaksanakan aklamasi atau tidak kami serahkan ke pimpinan sidang," ungkap Andrie Tardiwan.

Pemilihan Ketua Umum KONI periode 2023-2027 akan dilakukan di Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) akan digelar pada 4-5 Juli 2023 di hotel Pullman, Jakarta.

Baca juga: Rakernas KONI sahkan anggota baru dari provinsi DOB Papua
Baca juga: Rakernas KONI 2023 bahas persiapan dan kesiapan PON 2024 di Aceh-Sumut

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023