Dalam pelaksanaan SP2020 Lanjutan ini, kami merekrut ribuan petugas yang akan bekerja di bulan Mei hingga Juni, yang tentunya diberikan upah di atas Upah Minimum Provinsi ​​​​​​​(UMP)
Manado (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) merekrut sebanyak 1.276 petugas untuk melakukan sensus penduduk (SP2020) Lanjutan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Dalam pelaksanaan SP2020 Lanjutan ini, kami merekrut ribuan petugas yang akan bekerja di bulan Mei hingga Juni, yang tentunya diberikan upah di atas Upah Minimum Provinsi (UMP)," kata Kepala BPS Sulut Asim Saputra, di Manado, Jumat.

Ia mengatakan secara langsung SP2020 Lanjutan ini mengurangi angka pengangguran di Sulut, dan dengan mereka mendapatkan upah diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga perekonomian di Sulut kembali menggeliat setelah diterpa pandemi COVID-19.

Mulai bulan Mei hingga Juni 2022, BPS akan melakukan SP Lanjutan (long form) di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Sulut.

Dia mengatakan, SP2020 Lanjutan ini akan diawali pemutakhiran data penduduk mulai 15 Mei. Lalu, mulai 1 Juni dilakukan pendataan rinci dalam bentuk wawancara sampel dan pendataan terinci berlangsung selama bulan Juni.

SP2020 Lanjutan ini, katanya, akan menghasilkan karakteristik penduduk dan perumahan, serta parameter demografi yang lebih lengkap, mencakup fertilitas, mortalitas, dan mobilitas.

Ia menegaskan bahwa hasil pendataan melalui sensus ini akan berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan serta kebijakan di tingkat pusat karena memotret keberadaan suatu daerah secara rinci sehingga menghasilkan satu data yang pas.

"SP2020 Lanjutan ini sangat penting, karena ada sebanyak 80-an pertanyaan yang akan ditanyakan kepada masing-masing keluarga, mulai dari pekerjaan hingga hal spesifik lainnya," katanya.

Petugas SP2020 Lanjutan yang terlatih akan menyasar sampel sebanyak 69.408 rumah tangga.

"Kami juga berharap program ini akan didukung oleh para jurnalis (media massa) dan organisasi perangkat daerah (OPD) se Sulut untuk bersama-sama ikut menyosialisasikan #SP2020Lanjutan kepada masyarakat," demikian Asim Saputra.

Baca juga: BPS Sulut: SP2022 Lanjutan dukung angkatan kerja ramah perempuan

Baca juga: BPJAMSOSTEK-BPS lindungi tenaga SP2020 di Sulut

Baca juga: BPS Sulut: Sambut baik kedatangan petugas sensus penduduk

Baca juga: BPS: Sebanyak 287.640 orang di Sulut terdampak COVID-19

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022