Kita mendorong khususnya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dapat memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang mengalami bencana gempa bumi, terutama perbaikan rumah mereka
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan Aras mengharapkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjalan optimal membantu perbaikan rumah korban bencana alam.

"Kita mendorong khususnya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dapat memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang mengalami bencana gempa bumi, terutama perbaikan rumah mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, program BSPS merupakan bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas rumah menjadi layak huni.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan menggulirkan BSPS atau dikenal dengan bedah rumah ke beberapa daerah.

"Kita berharap program ini juga bisa kita persiapkan bukan hanya untuk memperbaiki rumah-rumah yang ada dalam konteks normal, tetapi dalam kondisi bencana alam pun program ini kira harapkan bisa dapat memberi dukungan kepada masyarakat kita secara langsung," kata legislator tersebut.

Karena itu, Andi juga menegaskan peran aktif pemerintah pusat sangat diperlukan dalam upaya menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di daerah.

Sebelumnya, Kementerian PUPR dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem menyalurkan program Padat Karya Tunai (PKT) Cipta Karya dan Perumahan di 212 kabupaten/kota pada tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dukungan Kementerian PUPR untuk penanganan kemiskinan ekstrem dilaksanakan melalui perencanaan terpadu oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) yang ditindaklanjuti oleh program-program bidang cipta karya dan perumahan.

Pada 2022, dukungan penanganan kemiskinan ekstrem Kementerian PUPR meliputi 212 kabupaten/kota prioritas melalui program PKT reguler bidang cipta karya/permukiman terdiri atas Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), ditambah program perumahan yakni BSPS.

Baca juga: Kementerian PUPR gandeng Bank 9 Jambi salurkan dana program BSPS
Baca juga: 43 rumah di dua kelurahan Surabaya dapat bantuan program BSPS PUPR
Baca juga: Kementerian PUPR salurkan 656 unit BSPS bagi pondok wisata Labuan Bajo

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022