Di Kedung Waringin dan Jatiuwung
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan dua "rest area" khusus pemudik yang menggunakan sepeda motor pada musim arus mudik 2022.

“Di Kedung Waringin dan Jatiuwung kita siapkan ada pos pelayanan, 'rest area' khusus sepeda motor,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kuota mudik gratis Dishub DKI terisi lebih 66 persen

Samboodo mengatakan rest area tersebut disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya karena pemudik yang menggunakan sepeda motor rentan terlibat kecelakaan karena kelelahan.

Dua rest area tersebut akan menyediakan layanan antara lain tempat istirahat, tempat makan dan pengisian bahan bakar.

Tidak hanya rest area, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya juga rencananya akan menyediakan gerai vaksinasi penguat (booster) di rute yang akan dilalui pemudik roda dua.

“Kita siapkan vaksin booster, antara lain di rest area jalan tol kemudian jalur arteri sepeda motor itu banyak,” ujar Sambodo.

Baca juga: Wagub DKI imbau calon pemudik segera vaksinasi penguat

Sambodo mengungkapkan dalam pengamanan arus mudik dan arus balik tahun ini jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya akan menyiapkan sekitar 40 pos pelayanan dan pengamanan.

Lebih lanjut, Sambodo juga menegaskan pihaknya tidak akan melakukan penyekatan arus mudik dan arus balik seperti tahun lalu.

Namun dia mengingatkan pemudik untuk menjaga protokol kesehatan dan tidak lupa untuk mendapatkan vaksin penguat sebelum mudik ke kampung halaman.

“Tidak ada penyekatan pada saat pengamanan arus mudik maupun arus balik,” tutur Sambodo.

Baca juga: Dishub DKI siapkan tiga terminal bantuan untuk antisipasi arus mudik

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022