Makassar (ANTARA) - Garuda Indonesia sesuai rencana akan membuka penerbangan langsung Makassar-Jeddah, Arab Saudi, untuk melayani jamaah umrah dan haji pada Mei 2022.

“Rencana penerbangan umrah dan haji dari UPG (Hasanuddin International Airport) akan dibuka pada bulan Mei mendatang," kata Regional CEO Kalimantan, Sulawesi Maluku, dan Papua PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Berthon Hutapea dalam keterangannya di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan hal ini menjadi salah satu upaya berkesinambungan Garuda Indonesia dalam memastikan kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan bagi calon jamaah umrah maupun haji dari wilayah asal.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan sudah ada pembahasan dengan pihak Garuda tentang rencana penerbangan langsung (direct flight) dari Makassar menuju Jeddah.

Baca juga: Kemenag Sulsel sambut baik penghapusan karantina jamaah umrah

Baca juga: Kemenag Sulsel lepas keberangkatan 46 jamaah umrah ke Arab Saudi


“Alhamdulillah, segera dibuka kembali layanan penerbangan langsung bagi jamaah haji dan umrah oleh PT. Garuda Indonesia,” kata Andi Sudirman.

Andi pun mengusulkan adanya penerbangan rute Makassar-Bone-Kendari dan rute Tana Toraja-Balikpapan. Selain itu, dengan pembukaan rute penerbangan tentunya membuka peluang lebih besar bagi potensi ekonomi.

“Kami juga membahas kesediaan maskapai dalam layanan domestik seperti Makassar-Bone-Kendari dan rute Tana Toraja-Balikpapan. Kita (rencana) siapkan dana subsidi rintisan,” ujarnya.

Terkait usulan tersebut, Berthon Hutapea mengatakan pihaknya saat ini terus menjalankan komunikasi intensif terkait penjajakan rute tersebut termasuk potensi pangsa pasar baik penumpang maupun kargo serta dukungan dari Pemerintah setempat.*

Baca juga: Kemenag Sulsel sebut 3.000 calon jamaah umrah siap diberangkatkan

Baca juga: Indonesia dapat kuota 1.000 orang umrah per hari

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022