Jakarta (ANTARA) - Tim Repsol Honda menguasai dua sesi latihan bebas Grand Prix Portugal pada Jumat saat Marc Marquez dan Pol Espargaro masing-masing menempati peringat satu dan dua catatan kombinasi.

Marquez mencetak lap terbaiknya hari itu, satu menit 50,666 lewat time attack di pengujung FP1 saat kondisi lintasan basah.

Sedangkan Espargaro menjadi yang tercepat di sesi latihan siang dengan catatan satu menit 50,707 detik, mengungguli Marquez yang finis kedua dengan margin 0,611 detik, demikian catatan MotoGP.

Kondisi cuaca dan lintasan yang tak kunjung membaik menghalangi para pebalap melaju lebih kencang, dan hanya tiga rider yang mampu memperbaiki catatan waktu mereka di sesi latihan siang, di antaranya Andrea Dovizioso (RNF Yamaha) yang naik dari P22 ke P14, dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha ) yang naik satu peringkat ke P18.

Takaaki Nakagami, Jack Miller, dan Luca Marini terjatuh dari motornya di FP1, dan tiga pebalap lain juga mengalami hal serupa di sesi latihan siang.

Baca juga: Marquez siap tebar ancaman di Portimao

Francesco Bagnaia kehilangan grip depan dan terjatuh di Tikungan 3, sedangkan rookie Marco Bezzecchi mengalami highside di Tikungan 9 sebelum Johann Zarco terpelanting dari motor Ducatinya di Tikungan 2.

Di belakang duet Repsol Honda itu, Joan Mir mengamankan P3 untuk Suzuki, menggunakan ride-height device suspensi belakang untuk pertama kalinya yang membantu sang melibas kondisi lintasan basah.

Bezzecchi menjadi rookie teratas di P4, mengungguli Johann Zarco yang melengkapi lima besar catatan kombinasi.

Pahlawan lokal Miguel Oliveira menunjukkan kecepatan menjanjikan KTM di P6, mengalahkan Maverick Vinales dari tim Aprilia dan Jorge Martin dari tim Pramac Racing.

Duet tim pabrikan Ducati Bagnaia dan Miller melengkapi sepuluh besar di saat juara dunia bertahan Fabio Quartarao kembali kewalahan menemukan kecepatan Yamaha dan hanya mampu finis P20.

Baca juga: Statistik MotoGP Portugal

Sepuluh besar catatan kombinasi latihan:
1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) – 1:50,666
2. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) + 0,041
3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,365
4. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 0,470
5. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0,504
6. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,557
7. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0,643
8. Jorge Martin (Pramac Racing) + 0,677
9. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,721
10. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,771

Baca juga: GSX-RR terasa solid, Rins siap tempur di "rollercoaster" Portimao

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022