Jakarta (ANTARA) - Empat gol dari Gabriel Jesus membawa Manchester City menang 5-1 atas Watford yang terancam degradasi Sabtu malam yang sekaligus membuat pasukan Pep Guardiola unggul empat poin di puncak klasemen Liga Inggris.

Mengingat seteru perebutan gelar Liverpool baru bertanding Minggu esok melawan Everton, City menjadi favorit mengalahkan Watford di Stadion Etihad. Dua gol Jesus membuat mereka unggul 2-0 dalam waktu 24 menit.

Watford sempat mengancam sang juara bertahan ketika gol pertama bek Prancis Hassane Kamara di Liga Inggris lima menit kemudian membawa tim tamu memperkecil kedudukan.

Namun, tendangan menakjubkan dari pemain timnas Spanyol Rodri memulihkan keunggulan dua gol City pada menit ke-34 sebelum Jesus menuntaskan hattrick Liga Premier pertamanya pada awal babak kedua dari titik penalti.

Tidak cuma itu, pemain berusia 25 tahun itu mencetak gol keempatnya pada menit ke-53 untuk menyempurnakan kemenangan timnya. Sejak itu City mengerem penampilannya karena menatap leg pertama semifinal Liga Champions melawan Real Madrid awal pekan depan.

Kemenangan komprehensif itu membuat juara bertahan City mengumpulkan 80 poin dari 33 pertandingan atau unggul empat poin dari Liverpool menjelang derbi Merseyside esok, sementara Watford menuju degradasi dengan menduduki urutan ke-19 dengan tujuh poin dari zona aman.

Sebelum laga ini pun tim tamu sudah membayangkan hal buruk bakal terjadi karena Guardiola telah memenangkan semua 10 pertemuan sebelumnya dengan Watford dalam semua kompetisi. Bahkan City memegang skor agregat 42-4 sebelum laga Sabtu ini tersebut.

Baca juga: Ketenangan jadi sumber energi City tuntaskan musim, kata Guardiola

Dalam pertandingan lain, Leicester City imbang 0-0 melawan Aston Villa di kandang sendiri tapi mengakhiri empat kekalahan berturut-turut tim tim asuhan Steven Gerrard.

Leicester tampak lebih mungkin membuka skor pada awal laga ini tetapi hanya membuat peluang gol yang nyata dari tendangan bebas melengkung James Maddison.

Villa tampil lebih menekan setelah turun minum ketika Ollie Watkins menjadi ancaman konstan dengan larinya yang cepat melewati lini belakang Leicester tetapi tim tamu gagal menyusahkan kiper Kasper Schmeichel.

Leicester memasukkan Jamie Vardy untuk menggantikan Patson Daka pada menit ke-71 dan ini adalah penampilan pertamanya sejak awal Maret tetapi striker itu nyaris tidak membuat Villa merasa terancam.

Leicester berada pada urutan 10 dalam klasemen dengan 42 poin, sementara Villa pada peringkat ke-15 atau sembilan poin di atas zona degradasi, demikian Reuters.

Baca juga: Arsenal tekuk Manchester United 3-1 demi naik ke empat besar
Baca juga: Conte tak mau Tottenham remehkan Brentford yang punya tren positif

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022