Jakarta (ANTARA) - Pusat logistik pintar bernama "Asia No. 1" di Xi'an, China barat laut, yang dikelola oleh raksasa retail daring China JD.com, telah mewujudkan netralitas karbon.

Pusat logistik pintar tersebut mulai beroperasi pada 2019 lalu. Dengan luas lantai hampir 300.000 meter persegi, fasilitas gudang itu dapat menyortir rata-rata hingga setengah juta paket per hari.

Peralatan pembangkit listrik fotovoltaik seluas 100.000 meter persegi yang menutupi atap gudang itu mendukung pengoperasian pusat logistik tersebut.

Listrik yang dihasilkan dengan konsep ramah lingkungan itu memenuhi kebutuhan peralatan otomatisasi di pusat tersebut dan mengisi daya kendaraan-kendaraan listrik pada siang hari.

Sementara pada malam hari, perangkat penyimpanan energi dapat melepaskan listrik hijau yang telah disimpan pada siang hari guna memenuhi permintaan puncak.

Disebutkan, emisi residu pusat logistik pintar itu diimbangi dengan pembelian Reduksi Emisi Tersertifikasi China (China Certified Emissions Reductions/CCER).


 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022