"Menjual susu ke Khatiz Labaniat dapat mengubah hidup kami," kata seorang warga desa bernama Mohsen Khan.
Jalalabad (ANTARA) - Khatiz Labaniat (Eastern Dairy) adalah satu-satunya pabrik susu di wilayah timur Afghanistan. Pabrik tersebut mengumpulkan susu dari 1.500 penduduk desa yang tinggal di sekitar Jalalabad dan dapat memproses 5.000 liter susu setiap harinya.

"Permintaan akan produk kami sangat tinggi dan pasokan susu tidak cukup untuk memenuhinya," kata Direktur Pelaksana Khalid Khan Niamat kepada Xinhua belum lama ini. Pabrik itu tak hanya mengemas susu untuk dijual, tetapi juga memproduksi keju, yoghurt, dan krim.

"Sayangnya, karena minimnya susu dan peternakan sapi perah, pabrik susu kami tidak dapat memenuhi permintaan pasar," kata Niamat. "Kami memiliki 20 pegawai yang dipekerjakan langsung di sini, tetapi 3.000 orang lainnya bekerja di rantai pasokan," kata Niamat.
 
Sejumlah pegawai bekerja di pabrik susu Khatiz Labaniat (Eastern Dairy) di Jalalabad, Afghanistan, pada 16 April 2022. (Xinhua/Hamidullah


Eastern Dairy mengandalkan pemilik ternak yang membutuhkan kedamaian dan stabilitas untuk berproduksi. "Setelah situasi menjadi damai, pemerintah mendukung para peternak sapi perah, terutama untuk mengurangi ketergantungan pada produk luar negeri," jelas Niamat.

"Susu yang kami jual di pabrik susu ini dapat membawa perubahan pada kondisi kehidupan kami," kata pemilik ternak Mohsen Khan, yang memiliki beberapa ekor sapi dan berharap industri peternakan sapi perah berkembang pesat di negara itu.

"Mendukung ternak dan peternakan sapi perah akan memperkuat perekonomian desa. Susu yang kami jual ke Khatiz Labaniat dapat mengubah hidup kami," ujarnya.
 
Sejumlah warga desa menjual susu ke pabrik susu Khatiz Labaniat (Eastern Dairy) di Jalalabad, Afghanistan, pada 17 April 2022. (Xinhua/Hamidullah)Sejumlah pegawai bekerja di pabrik susu Khatiz Labaniat (Eastern Dairy) di Jalalabad, Afghanistan, pada 16 April 2022. (Xinhua/Hamidullah)
 


Sediqullah, yang bekerja di pabrik susu tersebut, mengatakan kepada Xinhua bahwa Afghanistan cocok untuk mengembangkan pertanian dan peternakan, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Jenis kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta ini akan membantu menstabilkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, kata para analis lokal, seraya menekankan pentingnya menjaga ketenangan demi upaya pembangunan kembali di negara yang dilanda perang itu. Selesai
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022