Bekasi (ANTARA) - Arus kendaraan dari pemudik yang menggunakan mobil maupun sepeda motor pribadi di Kota Bekasi pada H-7 Lebaran terpantau masih landai dan belum terjadi peningkatan.

"Situasinya normal belum ada eskalasi. Siang seperti ini memang lumayan ramai arus kendaraan tapi belum arus mudik masih bercampur dengan lalin biasa," kata Kepala Pos Pengamanan Sumber Artha, Kalimalang, Bekasi, Aiptu Mian Siregar saat ditemui Antara, Senin.

Mian menyampaikan arus mudik di kawasan Kalimalang biasanya mulai terlihat pada malam hari yang dimulai sejak sekitar pukul 20.00. Kendati demikian, sejak Jumat (22/4) malam arus mudik masih belum terlihat.

“Di sini masih samar. Kalau pun ada biasanya pemudik lebih suka memilih waktu malam. Tapi hingga tadi malam belum ada peningkatan,” ujarnya.

Kendati demikian, ia bersama empat orang anggota kepolisian dari Polres Metro Bekasi Kota bersama Dishub tetap siaga jika tanda-tanda peningkatan volume kendaraan sudah mulai terlihat.

Baca juga: Ratusan pemudik mulai berangkat dari Terminal Bekasi

"Kami antisipasi semua waktu begitu banyak dilakukan, tapi kalo kurang tetap menjaga dan memantau kalau sudah ada tanda titik keramaian," tutur dia.

Jika nantinya terdapat kemacetan, petugas pospam Sumber Artha akan melakukan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional.

"Apabila dianggap perlu seperti ada kemacetan, volume kendaraan banyak maka akan dilakukan pengalihan arus," ucap dia.

Adapun sebelumnya Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki memprediksi kepadatan arus mudik lebaran di wilayahnya akan terjadi pada H-4 Lebaran.

Jalan Kalimalang menjadi titik rawan yang dilintasi oleh para pemudik karena termasuk akses jalur arteri menuju wilayah Jawa Barat.

Sementara itu, terdapat delapan posko pengamanan dan pelayanan yang tersebar di Kota Bekasi untuk mengamankan mudik idul Fitri 1443 Hijriah. Delapan posko tersebut diantaranya lima Pospam yang berlokasi di Harapan Indah, Pospam Kranji, Pospam Sumber Artha, Pospam Tongyang, Pospam Mal Ciputra.

Selebihnya, tiga Posyan berada di Stasiun Bekasi, Terminal Induk Kota Bekasi, dan Mega Bekasi Hypermall.

Baca juga: Penumpang bus AKAP asal Bekasi mulai melonjak

Baca juga: Jasa Marga rekonstruksi Tol Japek pastikan kenyamanan pemudik


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022