Rekayasa lalu lintas ini tentu melihat situasi, jadi fleksibel
Temanggung (ANTARA) - Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, melakukan rekayasa arus mudik untuk mengurai kepadatan lalu lintas di kota Temanggung, khususnya di depan Pasar Kliwon Temanggung.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Komang Karisma di Temanggung, Senin, mengatakan seiring peningkatan arus lalu lintas pada H-7 Lebaran maka perlu dilakukan rekayasa lalu lintas di depan Pasar Kliwon Temanggung.

"Rekayasa lalu lintas ini tentu melihat situasi, jadi fleksibel. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di depan Pasar Kliwon pada jam-jam ramai seperti sore ini maka arus dipecah di kawasan Taman Pancasila," katanya.

Ia menjelaskan jika terjadi kepadatan di depan Pasar Kliwon maka lalu lintas dari arah timur tujuan Parakan, Wonosobo, dan Kendal dialihkan ke arah utara di Taman Pancasila masuk Setda kemudian tembus Perempatan OBL.

Baca juga: Temanggung dirikan enam Posko Terpadu Larangan Mudik

Baca juga: Jembatan baru di Temanggung siap dilalui arus mudik


"Dengan pengalihan arus ini maka Jalan A. Yani yang biasanya satu arah dijadikan dua arah," katanya.

Komang menyampaikan rekayasa kedua dilakukan jika arus lalu lintas lebih padat dan terjadi kemacetan ke arah Pasar Kliwon, maka di Perempatan Terminal Madureso dialihkan ke jalur lingkar terminal-Maron.

"Sementara itu saja rekayasa lalu lintas yang kami lakukan, bila mana terjadi lakalantas maupun bencana alam lainnya kami akan melihat situasi di lapangan," katanya.

Menurut dia pada H-7 Lebaran ini sudah terjadi peningkatan arus lalu lintas, terutama arus lalu lintas lokal dan kendaraan dari luar kota sudah ada tetapi belum begitu banyak. 

Baca juga: Minat warga Temanggung ikut vaksinasi tetap tinggi saat Ramadhan

Baca juga: Polisi di Temanggung gunakan masa rehat untuk tadarus selama Ramadhan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022