Boyolali (ANTARA News) - Kedatangan jamaah haji debarkasi Surakarta, Jawa Tengah, hingga hari kedua pemulangan ke Tanah Air, masih mengalami keterlambatan dari waktu yang dijadwalkan semula.

"Kedatangan tiga kelompok terbang jamaah haji debarkasi Surakarta di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, mengalami keterlambatan lima hingga delapan jam dari jadwal semula," kata Wakil Ketua Bidang Pemberangkatan dan Penerimaan Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, Achmad Suaidi, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, pada pemulangan jamaah haji hingga kloter empat hari kedua ini, meski masih mengalami keterlambatan, tetapi hanya sekitar satu jam 36 menit dari jadwal.

"Rombongan kloter empat jemaah haji asal Kebumen dan Magelang, tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 10.51 WIB, sedangkan jadwal semula pukul 09.15 WIB," katanya.

Menurut dia, keterlambatan kedatangan jemaah haji tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga 10 hari ke depan. Hal itu, karena terjadi kepadatan jalur di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Namun, kata dia, setelah para jamaah haji dari negara lain saat berkurang maka pemulangan haji Indonesia akan kembali sesuai jadwal.

Bahkan, kata dia, kedatangan jemaah haji Indonesia akan lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan.

Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan antisipasi terkait keterlambatan jamaah haji, yakni berkoordinasi dengan panitia daerah terkait penjemputan jamaah.

"Bus daerah yang disediakan untuk penjemputan jamaah haji sudah siap diparkir setidaknya enam jam sebelum rombongan jamaah tiba di bandara," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, soal pemulangan jamaah haji ke daerah masing-masing tidak ada kendala. Mereka tetpa berjalan lancar sesuai prosedur tetap yang ada.

Ketua Humas PPIH Debarkasi Surakarta Rohmad menjelaskan, keterlambatan kedatangan jemaah haji pada kloter-kloter awal sudah biasa karena bersamaan pemulangan haji dari negara lain.

"Sehingga, kondisi penerbangan di bandara di Jeddah sangat sibuk," katanya.

PPIH Debarkasi Surakarta hingga pemulangan kloter empat ini, sebanyak 1.494 jamaah yang sudah dipulangkan ke Tanah Air.

Kedatangan jamaah haji kloter lima asal Magelang, dijadwalkan Minggu malam pukul 19.00 WIB, sedangkan kloter enam (Magelang) belum diketahui jadwalnya.

Ia menjelaskan, rombongan kloter dua asak Kebumen, yang tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Sabtu (12/11) pukul 19.35 WIB, hanya membawa sebanyak 371 jemaah, karena satu orang harus dilarikan ke rumah sakit bersama pendampingnya.
(U.B018/A035)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011