Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani akan meresmikan proyek sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa, dan objek wisata The New Kemukus di Desa Pendem, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (27/4).

Menurut Puan, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, dua proyek tersebut berkaitan langsung dengan kepentingan ekonomi dan peningkatan pendapatan warga, seperti proyek rumah air bersih untuk mengatasi kesulitan warga Desa Gendayakan dalam memperoleh air bersih.

“Masyarakat Desa Gandayakan selama puluhan tahun ini sangat kesulitan mendapatkan air bersih karena berada di kawasan kering dan berbatu gamping. Kami bersyukur pengerjaan proyek air bersih sudah selesai sehingga ke depan dapat membantu kehidupan sehari-hari warga,” kata Puan.

Baca juga: Ketua DPR berharap Fatayat NU berjuang pada pemberdayaan perempuan

Puan mengatakan proyek rumah air bersih itu bisa terbangun karena adanya gotong royong dari semua pihak, baik pemerintah daerah, perguruan tinggi, maupun warga.

Setelah diresmikan, Puan berharap warga Desa Gendayakan tidak perlu lagi berjalan jauh demi mendapatkan akses air putih.

“Harapannya, warga Desa Gendayakan tidak perlu lagi berjalan jauh hanya untuk mendapatkan akses air bersih dan tidak perlu lagi mengandalkan air tanki bantuan,” ucap Puan.

Baca juga: Puan: Kemerdekaan Palestina masih jadi utang Indonesia dan anggota KAA

Masalah akses air bersih yang belum merata memang sudah menjadi perhatian Puan sejak masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dia menilai menjaga kelestarian sumber air penting dilakukan, terutama di wilayah-wilayah dengan geografis yang sulit air. Saat itu, Puan menggencarkan program "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat".

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan dari total warga yang selalu mengalami kesulitan air bersih, tersisa sebanyak 20 persen yang belum menikmati proyek air bersih.

“Sejak dulu, Bu Puan mendorong agar pemerintah daerah memprioritaskan program penanganan krisis air yang memang sangat penting dan mendesak,” kata Joko.

Terkait dengan The New Kemukus, Puan berharap objek wisata tersebut dapat menjadi ikon pariwisata Sragen.

Baca juga: Pakar nilai elektabilitas Puan naik karena keberhasilan kinerjanya

“Kami berharap The New Kemukus dapat menjadi ikon baru Sragen dan akan semakin meningkatkan pariwisata di kabupaten tersebut,” ucap Puan.

Ia meyakini objek wisata baru ini akan meningkatkan perekonomian warga di sekitar Gunung Kemukus.

“Harapannya agar percepatan ekonomi di Sragen semakin meningkat,” kata Puan.

Di samping meresmikan The New Kemukus, Puan dijadwalkan memberikan bantuan gerobak untuk sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar objek wisata itu.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022