Jakarta(ANTARA News) - Timnas Malaysia menekuk Kamboja 4-1 pada pertandingan babak pertama Grup A SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Gol juara bertahan SEA Games itu tercipta lewat sundulan Ramlan Izzaq Faris pada menit 7, Bakhtiar Baddrol menit 35, 39 dan Wan Zakaria Wan Zaharul 90, sedangkan Chhin Chhoeun menciptakan satu gol di menit 60 untuk Kamboja.

Dengan hasil ini Malaysia mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Malaysia yang menginginkan kemenangan guna lolos ke semifinal, langsung menggebrak pertahanan Kamboja yang dikomandoi Sok Sovan. Beberapa peluang terjadi lewat kaki Yong Kuong Yong dan Ahmad Mohamad Muslim.

Malaysia mengawali superioritasnya di menit 7 dari Ramlan Izzaq Faris. 1-0 untuk Malaysia.

Meski sudah tidak berpeluang lolos ke semifinal, Kamboja memberikan perlawanan. Beberapa kali Khuon Laboravy dan kawan-kawan merepotkan barisan pertahanan Malaysia.

Malaysia yang diperkuat pemain berpengalaman seperti Jasuli Mahali berusaha menambah pundi-pundi golnya. Kamboja pun terkurung.

Hasilnya sang kapten Bakhtiar Baddrol menggandakan kedudukan lewat tendangan jarak jauh di menit 35.

Malaysia tak mengendurkan serangan sampai kemudian pemain belakang Kamboja melakukan pelanggaran di kotak terlarang sehingga sang wasit menunjuk titik putih.

Bakhtiar Baddrol sukses mengeksekusi penalti pada menit 39 sehingga kedudukan berubah 3-0.

Memasuki babak kedua Kamboja yang didominasi pemain U-19 dan U-20 berusaha mengejutkan Malaysia namun tendangan Khuon Laboravy di menit 54 melenceng di atas mistar gawang.

Akhirnya pada menit 60 Chhin Chhoeun mengubah kedudukan menjadi 1-3.

Kamboja yang mendapat dukungan penuh ribuan suporter Indonesia terus meningkatkan serangan. Umpan dari kaki ke kaki juga diperagakan dengan baik, hanya saja penyelesaian yang kurang sempurna membuat upaya memperpendek selisih gol gagal.

Sebaliknya Malaysia menambah lagi satu gol dari Wan Zakaria Wan Zaharul di menit 90.  Kedudukan akhir 4-1 untuk Malaysia.

Malaysia : Che Mat Khairul Fahmi (gk), Jasuli Mahali/Othman Mohamad Fandi(KK), Mohd Shas Mohamad Fadhli, Omar Mohd Asrarudin, Fazail Mohd Irfan, Bakhtiar Baddrol (c), Ramlan Izzaq Faris/Ambumamee Thamil Arasu, Wan Zakaria Wan Zaharul, Mansor MuhdNazmi Faiz, Ahmad Mohamad Muslim dan Yong Kuong Yong/Saarani Ahmad Fakri.

Kamboja : Sou Yaty (gk), Lay Raksmey, Sok Rithy, Sok Sovan, Touch Pancharong/Sok Pheng, Khuon Laboray (c), Pheak Rady, Sos Suhana, Chhun Sothearath, Chhin Chhoeun/Prak Mony Udom dan Phourng Soksana.
B016/B013

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011