Mereka berusaha melakukan pemboman untuk menghancurkan negara tersebut dan membunuh Kolonel Muamar Gaddafi ...dan sekarang mereka mengincar Suriah"
Caracas (ANTARA News) - Presiden Hugo Chavez mengecam Washington dan sekutu Eropanya sehubungan dengan krisis Suriah.  Dia menuduh kedua negara sedang menyiapkan landasan guna menggulingkan Presiden Bashar al-Assad, persis terjadi pada pemimpin Libya Muamar Gaddafi.

Pemimpin sayap-kiri Amerika Latin itu menjadi pengecam keras campur tangan Barat di Timur Tengah sejak 2000, ketika menjadi pendukung pemimpin Irak Saddam Hussein.

"Amerika Serikat dan sekutu Eropanya meningkatkan serangan mereka terhadap Suriah, dan menyelundupkan teroris guna memicu kerusuhan, pertumpahan darah dan kematian, sama seperti yang mereka lakukan di Libya pada awal tahun ini," kata Chavez kepada pendukungnya dalam pertemuan terbuka di pusat kota Caracas.

"Mereka berusaha melakukan pemboman bukan hanya untuk menggulingkan pemerintah Libya tapi juga untuk menghancurkan negara tersebut dan membunuh Kolonel Muamar Gaddafi ...Dan sekarang mereka mengincar Suriah," kata Chavez seperti dikutip AFP.

Chavez sebelumnya menyebut Bashar al-Assad dan mendiang pemimpin Libya sebagai "saudara". (*)

C003/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011