Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 6.647 pemudik tujuan Surabaya telah terangkut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dilayani empat armada jenis kapal Ro-Ro (Roll on-Roll off) yang bisa mengangkut penumpang orang dan juga kendaraan.

"Total penumpang ini terhitung sejak 17 April 2022 saat Posko Terpadu Angkutan Lebaran dibuka, dengan rata-rata 700 pemudik per hari diberangkatkan," kata Kepala Posko Terpadu di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Capt Maltus Jackline, Selasa.

Sementara untuk penumpang yang tiba di Banjarmasin dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tercatat sebanyak 2.067 orang hingga Senin (25/4).

Adapun empat kapal yang beroperasi masing-masing dua armada milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) yaitu KM Dharma Kartika lX dan KM Dharma Rucitra 1. Kemudian dua armada milik PT Berlian Lautan Sejahtera yaitu KM Niki Barokah dan KM Mila Utama.

Baca juga: Dinkes Banjarmasin instruksikan tes antigen bagi pendatang baru

Baca juga: Lanal Banjarmasin siagakan tim SAR dan Jarkaplid hadapi momen Lebaran


Maltus mengakui hingga saat ini dengan armada yang ada masih bisa mengangkut seluruh calon penumpang tanpa adanya penumpukan di gedung terminal. Kapasitas kapal pun baru terisi sekitar 70 sampai 80 persen untuk sekali keberangkatan.

"Kalau terjadi lonjakan, rencana mitigasi, salah satunya optimalisasi daya tampung kapal dengan mengangkut 1.000 sampai 1.500 penumpang per hari," kata pria yang menjabat Kabid Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin itu.

Kepada calon penumpang, Maltus yang mewakili Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Hartanto mengimbau agar senantiasa mematuhi semua arahan petugas di lapangan. Kemudian untuk pembelian tiket hendaknya di agen resmi yang disediakan operator termasuk pemesanan secara daring.

Syarat perjalanan dalam negeri selama arus mudik tahun ini juga wajib dipenuhi. Seperti calon penumpang yang telah menerima vaksinasi dosis penguat atau booster agar tidak perlu menunjukkan hasil negatif antigen atau PCR.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang diperkuat petugas gabungan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin juga menyediakan fasilitas kesehatan termasuk layanan vaksinasi dan tes COVID-19 jika diperlukan calon penumpang.*

Baca juga: Masih pandemi, warga Kalsel diminta patuhi PSBB tanpa mudik lokal

Baca juga: Banjarmasin keluhkan tak dapat PAD dari hilir mudik kapal batu bara

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022