Jakarta (ANTARA) - Calon pemudik memanfaatkan layanan vaksinasi dosis ketiga atau penguat (booster)
yang dibuka di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagai salah satu syarat untuk mudik.

"Saya kebetulan ada kesibukan, jadi baru sempat sekarang," kata calon pemudik, Butje Siahaya di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

Pensiunan salah satu BUMN minyak dan gas itu mengaku berencana mudik ke Ambon. Layanan vaksinasi "booster" di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok sudah dibuka sejak dua minggu sebelum Lebaran.

Pelaksanaan vaksinasi "booster" tersebut diadakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI, Polri, Kementerian Perhubungan dan BUMN PT Pelindo.

Baca juga: PT Pelni berangkatkan kapal mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok

Satu posko tersebut dilayani oleh sekitar tujuh petugas yang tiap harinya bergantian. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac dan Astra Zeneca baik untuk vaksinasi dosis ketiga dan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Posko vaksinasi "booster" setempat mencatat jumlah pemudik yang melakukan vaksinasi booster di Pelabuhan Tanjung Priok bervariasi.

Pada pelaksanaan mudik gratis Selasa (26/4) jumlah calon pemudik yang mengakses layanan tersebut mencapai sekitar 50 orang.

Sedangkan pada hari biasa selama momentum mudik Lebaran, jumlahnya tidak terlalu banyak yakni di bawah 10 orang.

Baca juga: H-7 Idul Fitri puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Sementara itu, arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok terpantau lancar dan tidak ada kepadatan penumpang hingga pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, angkutan mudik gratis tercatat untuk arus mudik pada 26 April sebanyak 241 motor dan 512 orang. Sedangkan untuk arus mudik pada 29 April dijadwalkan sebanyak 788 motor dan 1.785 orang.

Selanjutnya, angkutan mudik gratis untuk arus balik pada 9 Mei tercatat 578 motor dan 1.335 orang, sementara untuk 11 Mei tercatat 287 motor dan 629 orang.

Dua kapal yang digunakan untuk mudik motor gratis, yakni KM Dobonsolo dan KM Ciremai 
milik PT Pelni. Kedua kapal itu berkapasitas masing-masing 2.500 penumpang dan 1.250 sepeda motor.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022