Benda-benda yang diangkut oleh pesawat itu, termasuk benih tanaman, kartu memori berdefinisi tinggi 8K yang menyimpan foto dan video yang diabadikan oleh para astronaut di orbit, prangko peringatan, dan lukisan karya para remaja Hong Kong, dikeluarka
Beijing (ANTARA) - China pada Selasa (16/4) membuka kapsul pembawa pulang (return capsule) pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-13 yang membawa tiga astronaut pulang ke Bumi pada 16 April, demikian menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Benda-benda yang diangkut oleh pesawat itu, termasuk benih tanaman, kartu memori berdefinisi tinggi 8K yang menyimpan foto dan video yang diabadikan oleh para astronaut di orbit, prangko peringatan, dan lukisan karya para remaja Hong Kong, dikeluarkan dari kapsul pembawa pulang itu.

Sejak proyek antariksa berawak China diresmikan, negara itu selalu mengutamakan pemberian kontribusi terhadap perekonomian nasional dan penghidupan masyarakat, sebut CMSA.

Pesawat Shenzhou-13 diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada 16 Oktober 2021. Berbagai eksperimen di bidang ilmu dan teknologi antariksa dilakukan selama penerbangan di orbit itu.

Misi tersebut menyoroti bahwa China telah merampungkan verifikasi sejumlah teknologi inti di stasiun luar angkasanya, serta mencatat rekor dalam hal durasi astronaut China di orbit.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022