antisipasi mudik di Jalan Tol Trans Sumatera sudah sangat baik
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengapresiasi upaya menggenjot vaksinasi COVID-19 di jalur mudik lewat keberadaan sentra vaksin di pos-pos operasi mudik Lebaran 2022 sebagai langkah aktif menanggulangi pandemi yang belum sepenuhnya berakhir.

Purnawirawan Jenderal TNI itu sempat memastikan langsung pelaksanaan layanan sentra vaksinasi COVID-19 saat meninjau posko mudik yang disediakan Kepolisan RI di ruas kilometer 277 Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang di Pematang Panggang, Rabu.

"Vaksin booster di pos operasi mudik tersedia gratis. Para pemudik sebaiknya divaksin booster terlebih dahulu, karena kita ingin situasi COVID-19 di Indonesia tetap terkendali," katanya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Keberadaan sentra-sentra vaksin tersebut, lanjut Moeldoko, menjadi salah satu bukti bahwa pemerintah tidak mengendurkan upaya mereka dalam menanggulangi pandemi setelah mengizinkan perjalanan mudik Idul Fitri 1433 H di tengah penurunan jumlah kasus COVID-19 secara nasional.

Baca juga: Moeldoko sebut penanganan arus mudik 2022 harus lebih responsif
Baca juga: Polisi terapkan skema buka tutup lalu lintas di Jalintim Sumatera

Selain melihat kesiapan sentra vaksinasi, Moeldoko juga secara langsung menyusuri ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung untuk meninjau pekerjaan perbaikan kerusakan ruas Tol Trans Sumatera serta rekayasa antisipasi kepadatan transportasi sepanjang arus mudik.

"Antisipasi mudik di Jalan Tol Trans Sumatera sudah sangat baik. Saya bisa pastikan bahwa semua pihak sudah memastikan kesiapan semua fasilitas penunjang. Termasuk rest area, toilet, dan stasiun pengisian bahan bakar," kata Meoldoko.

Di sela-sela kunjungan kerjanya, Moeldoko sempat berdialog dengan beberapa pemudik di rest area kilometer 234 menanyakan kebutuhan fasilitas apa yang masih perlu ditingkatkan sembari menengok kebersihan toilet dan ketersediaan air bersih di sana.

Pemerintah memperkirakan arus mudik tahun ini akan melibatkan 85 juta orang yang melakukan perjalanan.

Di kawasan Lampung, arus mudik yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera serta Pelabuhan Bakauheni diperkirakan akan mengalami puncak pada 29 dan 30 April  2022.

Baca juga: Dua tahun tak mudik, pemudik ke Sumatera curhat rindu pantai-makanan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022