Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Para menteri negara ASEAN yang bertanggung jawab terhadap Komunitas Politik-Keamanan ASEAN melakukan pertemuan di gedung Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Rabu dalam Pertemuan ke-6 Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN.

Pertemuan antara lain akan membahas kemajuan dalam implementasi pilar politik-keamanan dari Komunitas ASEAN 2015 berdasarkan Cetak Biru Komunitas Politik-Keamanan ASEAN.

Pertemuan juga akan membahas upaya-upaya untuk memperkuat koordinasi antara berbagai badan sektoral dan mekanisme di bawah koordinasi Dewan Komunitas Politik- Keamanan ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitswan akan menyampaikan paparan memgenai aktivitas kerjasama yang dilaksanakan oleh berbagai badan sektoral di bidang politik-keamanan.

Sekjen ASEAN juga akan menyampaikan laporan mengenai kemajuan dalam pelaksanaamn Cetak Biru Komunitas Politik-Keamanan ASEAN serta tindak lanjut Pertemuan ke-5 Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN di Jakarta, Mei 2011.

Pertemuan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Djoko Suyanto.

Sementara itu, sumber yang dihimpun ANTARA menyatakan bahwa pilar dari Politik-Keamanan tersebut adalah perkembangan Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ), penguatan kapasitas ASEAN dalam manajemen konflik dan perkembangan politik di Myanmar.

Selanjutnya peningkatan transparansi kebijakan militer, kerjasama industri pertahanan negara-negara ASEAN, jejaring pusat pemeliharaan perdamaian (peace-keeping center network), guliran Visa Bersama ASEAN dan tinjaun dua tahunan Cetak Biru APSC.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011