Jakarta (ANTARA) - Puluhan pemudik melakukan vaksinasi penguat atau booster yang gerai vaksinasi COVID-19 di Terminal Kampung Rambutan yang disediakan oleh pengelola Terminal Kampung Rambutan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Satu hari, yang vaksinasi booster di sini bisa 20 sampai 30-an orang," kata petugas Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Ahmad, saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis.

Ahmad mengatakan, jenis vaksin booster yang disediakan adalah Moderna dan AstraZeneca dengan kuota untuk 100 orang per hari.

Dalam beberapa hari terakhir, lanjut Ahmad, calon pemudik yang melakukan vaksinasi kebanyakan berusia 30 hingga 40 tahun.

Dari pantauan Antara, sejumlah calon pemudik dan juga pengemudi bus terlihat mengantri dan mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi di gerai vaksin booster.

Salah satunya adalah pengemudi bus, Dani, yang akan membawa penumpang mudik ke wilayah Ciamis, Jawa Barat.

"Biar badan makin kuat dan mumpung gratis dan dekat sini juga," ujar Dani.

Calon pemudik diimbau untuk melakukan vaksinasi COVID-19 booster terlebih dahulu sebelum pulang ke kampung halaman. Calon pemudik disarankan jauh-jauh hari sudah melakukan booster, baik nanti yang disediakan di terminal maupun di lingkungan masing-masing seperti di puskesmas terdekat.

Apabila vaksinasi booster dilakukan menjelang keberangkatan, dikhawatirkan akan mengganggu kondisi fisik pemudik lantaran reaksi yang ditimbulkan pasca vaksinasi.

Baca juga: H-4 Lebaran, 3.000 pemudik diprediksi berangkat dari Kampung Rambutan
Baca juga: Polisi buka-tutup gardu Gerbang Tol Cikupa cegah kepadatan Merak
Baca juga: Polri lakukan sterilisasi jelang "one way" di Km 47 Tol Cikampek

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022