Medan (ANTARA News) - Uni Eropa mengundang dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar Sumatera Utara untuk melanjutkan pendidikan ke berbagai negara yang tergabung dalam persatuan tersebut.

Undangan itu disampaikan Wakil Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Colin Crooks ketika melakukan kunjungan persahabatan ke Pemprov Sumut di Medan, Rabu.

Setiap tahunnya, kata Crooks, Uni Eropa menawarkan ribuan beasiswa yang dapat dimanfaatkan pelajar Indonesia, termasuk Sumut untuk melanjutkan pendidikan di Eropa.

Kunjungannya dalam beberapa hari ke Sumut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan tersebut, serta sejumlah potensi lain seperti kerja sama ekonomi.

Salah satu upaya untuk meningkatkan potensi kerja sama di bidang itu adalah dengan melakukan pameran pendidikan di salah satu hotel ternama di Kota Medan pada Selasa (15/11) yang diikuti 44 institusi pendidikan dari sejumlah Negara Eropa.

"Kami sangat senang karena ribuan pelajar Sumut sangat antusias menghadiri pameran kemarin," katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Nurdin Lubis yang menerima kunjungan persahabatan itu mengungkapkan apresiasinya atas kesempatan kerja sama pendidikan yang ditawarkan Uni Eropa tersebut.

Pemprov Sumut juga menawarkan kesempatan bagi Uni Eropa untuk menanamkan investasi untuk mengembangkan berbagai potensi daerah itu perekonomian, pariwisata, dan pengembangan infrastruktur.

Salah satu potensi pariwisata yang dapat dikembangkan adalah danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Colin Crooks mengatakan bahwa investasi dari negara-negara di Uni Eropa masih sangat terbuka karena masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh Indonesia, termasuk di Sumut.

"Saat ini, Indonesia baru menyerap 1,6 persen saja investasi yang ditanamkan Uni Eropa di Asia," katanya. (T.I023/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011