Paris (ANTARA News) - Lonjakan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim mendorong planet ini menuju episode semakin memburuknya kelaparan yang hanya bisa diperbaiki dengan perbaikan sistem pangan, sebuah panel ahli mengatakan pada Rabu.

"Pada abad ke-21, seperti kita sekarang mendapatkan satu set utama ancaman konvergensi," kata John Beddington, seorang profesor Inggris yang memimpin 13-anggota penyelidikan sembilan bulan, lapor AFP.

"Ada pertumbuhan penduduk, penggunaan sumber daya berkelanjutan dan tekanan besar pada kemanusiaan untuk mengubah cara kita menggunakan makanan," kata Beddington dalam sebuah konferensi jarak jauh.

"Tetapi ini terkait erat dengan isu-isu air dan isu-isu energi - dan tentu saja dengan isu utama perubahan iklim."

Beddington mengatakan bahwa pada 2007-20088, lonjakan harga pangan mendorong 100 juta orang ke dalam kemiskinan, dan 40 juta lebih mengikuti mereka dalam lonjakan pada 2010-2011.

"Ada kekhawatiran nyata tentang kelaparan, dan ada konsekuensi di

tingkat dimana kenaikan harga pangan menyebabkan ketidakstabilan," katanya.

Sebuah komisi yang disebut Komisi Pertanian Berkelanjutan dan Perubahan Iklim didirikan pada Februari oleh Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR), sebuah payung organisasi yang didanai oleh pemerintah nasional, organisasi regional dan yayasan penelitian.

Dibujuk untuk terus menerbitkan penelitian, panel menawarkan panduan tentang bagaimana dunia dapat memberi makan karena populasi meningkat dari tujuh miliar menjadi lebih dari sembilan miliar pada pertengahan abad dan pergeseran pola makan ke konsumsi yang lebih tinggi kalori, lemak dan daging.

Selama waktu ini, gas rumah kaca yang dipancarkan dalam dekade terakhir akan memiliki efek tak terelakkan pada sistem iklim, menambah risiko kekeringan dan banjir.

"Tantangan yang ada di depan kami secara global, benar-benar cukup sulit bahkan untuk memahaminya," kata Megan Clark, CEO dari Commonwealth Scientific and Industrial Research (CSIRO) di Australia.

"Kita harus meningkatkan produksi pangan global pada tahun 2050 sekitar 30 persen sampai 80 persen dan mengurangi emisi (karbon) kami hingga setengahnya."

"Untuk kata lain, karena anak-anak saya tumbuh tua selama 60 tahun ke depan, kita harus memproduksi makanan sebanyak yang telah diproduksi dalam sejarah manusia dan pada waktu yang sama selama periode itu, kita harus belajar bagaimana untuk mengurangi separuh tingkat emisi kami dari pertanian."

Panel merilis sebuah "ringkasan untuk pembuat kebijakan," meletakkan tujuh rekomendasi. Laporan lengkap akan dikeluarkan awal tahun depan.

Proposal termasuk fokus besar pada membatasi limbah melalui rantai penyediaan lebih cerdas, karena sekitar sepertiga dari makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia hilang atau terbuang dalam sistem pangan global.

Metode yang berkelanjutan dan dukungan bagi kaum miskin, dan petani kecil juga didorong. Penggunaan pupuk berlebihan dan mahal ditunjuk sebagai sebuah masalah, sebagaimana metode yang merusak lahan pertanian.

"Diperkirakan 12 juta hektare (30 juta are) lahan pertanian,

dan potensi mereka untuk memproduksi 20 juta ton gandum, hilang setiap tahun karena degradasi lahan," kata Lin Erda, direktur Pusat Penelitian Pertanian dan Perubahan Iklim di Chinese Academy of Agricultural Sciences.

Ditanya apa peran rekayasa genetik tanaman akan bermain, Clark mengatakan, "komisi tidak berangkat untuk memilih pemenang berkaitan dengan pertanian."

"Kami melihat faktor-faktor utama yang akan meningkatkan ketahanan, produktivitas dan pemanfaatan berkelanjutan," kata Clark. "Kami benar-benar datang ke kesimpulan bahwa Anda perlu mendiversifikasi tanggapan, semua cara melalui dari organik hingga genetik." (A026/S006)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011