Ottawa (ANTARA News) - Menteri pertahanan Kanada dan Israel Rabu mengatakan mereda sedang menyiapkan perincian kesepakatan guna "memperdalam" kerja sama militer di tengah meningkatnya pergolakan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Menteri Pertahanan Kanada Peter MacKay mengatakan ia sedang menyelesaikan dengan timpalannya Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak "nota kesepahaman lanjutan" yang membangun payung kesepakatan ditandatangani pada Januari, lapor AFP.

Perincian perjanjian itu tidak jelas.

MacKay hanya mengatakan hal itu akan mencakup berbagi informasi dan teknologi militer.

"Israel memerlukan mitra kuat yang dapat dipercaya, yang tentunya salah satunya adalah Kanada. Saya akan berpendapat mereka tidak dapat menemukan negara yang lebih mendukung di planet ini dan mitra dalam upaya membawa stabilitas di kawasan itu," katanya.

MacKay menunjuk pada "pergolakan yang banyak terjadi ... di seluruh Arab Spring dan Summer, dan sekarang Kejatuhan Arab serta dampak yang mengalir" dari pemberontakan pro-demokrasi yang terjadi di kawasan itu, dengan efek yang terasakan di Israel.

"Jadi ini adalah kesempatan yang sangat unik dan bernilai untuk menemukan alasan bagi Kanada untuk mendukung (Israel) dalam cara yang berarti," katanya.

Barak mengatakan, satu pakta pertahanan bersama dengan rincian-rincian di belakangnya akan diumumkan dalam beberapa hari ini.

Dia menambahkan bahwa "Kami bangga dengan kerja sama kesepakatan memperdalam pertahanan ini." (AK/C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011