Palembang (ANTARA News) - Direktorat Pengelolaan Media Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menurunkan dua tim meramaikan "Sriwijaya International Expo" yang digelar selama SEA Games ke-26 di Palembang, Sumatera Selatan, 12-20 November 2011.

Dalam pameran dipusatkan di Dekranasda Jakabaring tersebut, menurut koordinator tim Kemenkominfo, Endang Kartiwak di Palembang, Kamis, pihaknya menggandeng Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumsel serta Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palembang, untuk menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pemerintah dan sosialisasi berbagai program pembangunan nasional.

Dia menjelaskan, pada pameran yang dikunjungi masyarakat setempat dan peserta SEA Games itu, pihaknya melakukan kegiatan sesuai dengan fungsi institusinya, yakni penyebaran informasi penting dan menarik kepada masyarakat terkait kebijakan pemerintah dan kepentingan publik.

Tim Kemenkominfo antara lain menyebarluaskan paket informasi publik, "leaflet", poster dan stiker antikorupsi, poster dan stiker Keketuaan Indonesia di ASEAN, Majalah "Friends of Indonesia", Tabloid Komunika, dan Jurnal Dialog.

"Kami di Palembang ini pada pameran bersamaan SEA Games ke-26 itu melakukan sosialisasi antikorupsi dan membagikan ribuan bahan bacaan yang menarik dan berguna bagi masyarakat," paparnya.

Menurut dia, momentum pameran memeriahkan SEA Games ini dinilai sangat tepat digunakan untuk sosialisasi karena semua perhatian menuju ke kawasan Jakabaring, Palembang.

Diharapkan, dengan melakukan sosialisasi di lokasi yang ramai pengunjung ini, informasi yang disampaikan dapat efektif diserap dan bermanfaat bagi masyarakat luas, ujar dia lagi.

"Saya sangat puas melakukan sosialisasi di daerah ini, karena animo masyarakat untuk menyerap informasi sangat tinggi, bahkan ribuan bahan bacaan seperti tabloid, majalah dan brosur yang dibawa khusus dari Jakarta itu, semuanya habis diminta masyarakat dalam waktu hanya dua hari," ujar Endang yang juga Kasubdit Media Luar Ruang dan Audio Visual Kemenkominfo itu.

Dia menyebutkan, tim yang diterjunkan, selain dirinya, juga beranggota personel Kemenkominfo dari Jakarta, yaitu Syarnubi, Hendri Ramadhani, Yuanita, dan beberapa personel lainnya, seperti Iwan, Elfrida, dan Martinus.

Tim tersebut berada di Palembang dan ikut dalam pameran internasional diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar negeri serta utusan berbagai daerah di Indonesia, selama enam hari hingga Jumat (18/11).

Selain tim dari Kemenkominfo, di arena ekspo itu tampak juga diramaikan tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Kemendikbud terlihat sibuk membagikan buku secara gratis kepada pengunjung stan mereka di arena pameran internasional Sriwijaya, yang dijadwalkan berlangsung hingga 20 November nanti.

Penjaga stan Kemendiknas, Ayi, mengatakan pihaknya menyiapkan 8.000 eksemplar buku yang akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat selama pameran berlangsung.

Ada empat jenis buku yang dibagikan yakni Pembelajaran Kontensktual dalam Membangun Karakter Siswa, Mencari Karakter Terbaik dari Belajar Sejarah, "The Indonesian Basic Education" dan Pendidikan Karakter dalam Pelajaran PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), tuturnya.

Selain itu, sejumlah stan perajin dan pengusaha serta pedagang dari Sumsel dan berbagai daerah di Indonesia, juga menjual barang dagangan mereka, umumnya berlabel SEA Games ke-26.

Hingga Kamis ini, arena pameran itu selalu dipadati pengunjung, umumnya selain untuk melihat stan pameran, juga untuk membeli barang yang diperlukan termasuk berbagai kerajinan dan cendera mata khas berlogo SEA Games.

(ANT-037/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011