Yogyakarta (ANTARA) - Arus lalu lintas di sepanjang jalur mudik Purworejo-Yogyakarta di Jalan Wates, khususnya di wilayah Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat siang atau H-3 Lebaran 2022 terpantau ramai lancar.

Perwira Pos Pengamanan (Pos Pam) Operasi Ketupat Progo 2022 wilayah Gamping Ipda Sutriyanto ditemui di Sleman, Jumat, mengatakan, hingga pukul 13.00 WIB tidak ada kemacetan arus lalu lintas kendaraan baik dari arah Yogyakarta ke Purworejo maupun sebaliknya di sepanjang ruas jalan itu.

Kepadatan kendaraan hanya terpantau di sekitar lampu lalu lintas simpang Gamping, Sleman.

Baca juga: Arus mudik tol jalur Semarang-Solo di Boyolali padat lancar

"Sampai saat ini aman terkendali, untuk situasi arus lalu lintas dari arah Kota Yogyakarta ke luar kota ramai lancar. Sebaliknya dari luar kota memasuki Yogyakarta juga demikian," kata Sutriyanto.

Sutriyanto mengakui volume kendaraan yang melintasi Jalan Wates, khususnya dari arah Purworejo mengalami peningkatan jika dibandingkan kondisi normal.

Kendaraan roda empat yang melaju ke arah Yogyakarta, kata dia, didominasi kendaraan luar kota berpelat nomor DKI Jakarta dan Bandung.

"Peningkatan kendaraan terjadi mulai tadi pagi, akan tetapi masih dalam taraf normal," ujar dia.

Baca juga: Polda DIY pastikan tidak akan ada penyekatan arus mudik di perbatasan

Karena arus kendaraan cukup lancar, menurut Sutriyanto, hingga saat ini belum diperlukan rekayasa lalu lintas.

Seandainya terjadi kemacetan, kata dia, petugas akan langsung mengarahkan kendaraan ke Jalan Godean, Sleman menuju luar kota.

"Nanti rekayasa bisa dialihkan ke Jalan Godean yang menuju ke luar kota," kata dia.

Baca juga: Empat juta kendaraan diperkirakan masuk Yogyakarta saat libur Lebaran

Sejak Operasi Ketupat Progo 2022 dimulai pada 28 April, ia mengatakan belum ada laporan mengenai kecelakaan lalu lintas maupun kasus kriminalitas di sepanjang ruas jalur mudik tersebut.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022