Jakarta (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo menyambut baik partisipasi Jepang dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan di sejumlah wilayah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat memberikan keterangan pers bersama dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Di sektor kelautan dan perikanan, saya menyambut baik partisipasi jepang dalam pembangunan sentra kelautan dan perikanan di Natuna dan Biak yang telah selesai," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Jepang buka akses pasar pertanian dan perikanan

Presiden juga menyambut baik komitmen partisipasi Jepang atas pembangunan sentra kelautan dan perikanan yakni di Sabang, Aceh serta di Pulau Moa, Saumlaki dan Morotai di Maluku.

Pada pertemuannya dengan PM Jepang, Presiden menyampaikan Indonesia-Jepang sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi.

Di bidang perdagangan, Indonesia-Jepang sepakat mengintensifkan negosiasi Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) dan mengurangi hambatan perdagangan, agar lebih menguntungkan kedua negara.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kedatangan PM Jepang beri semangat baru

Sementara di bidang investasi Presiden menyambut baik ekspansi perusahaan otomotif Jepang seperti Toyota dan Mitsubishi yang akan menjadikan Indonesia sebagai hub otomotif kawasan.

Presiden berharap ada tambahan investasi baru jepang di bidang lain terutama energi, industri semen, teknologi pertanian dan kesehatan.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022