Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi dari Kantor Berita ANTARA pada Jumat (29/4/2022) menarik perhatian pembaca, mulai dari Presiden Joko Widodo yang mengharapkan Jepang berpartisipasi untuk membangun infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, hingga pendorong utama pertumbuhan kredit pada Maret 2022.


Presiden harap partisipasi Jepang untuk proyek infrastruktur di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Jepang berpartisipasi dalam pembangunan berbagai proyek infrastruktur di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"Ke depannya Indonesia mengharapkan partisipasi Jepang pada proyek-proyek infrastruktur seperti di Ibu Kota Nusantara dan juga untuk Ambon Port (Pelabuhan Ambon)," kata Presiden dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Baca selengkapnya di sini



Pemudik: Lebaran 2022 lebih istimewa dengan perizinan mudik

Salah satu pemudik di Stasiun Pasar Senen, Ayu (29) mengatakan Lebaran lebih terasa istimewa dengan kembali diizinkannya mudik oleh pemerintah.

Perempuan yang tinggal di Jakarta Barat dan hendak mudik ke Yogyakarta itu mengatakan telah rindu berkumpul bersama keluarga pada momentum Lebaran yang pada 2020 dan 2021 tidak bisa dilakukan.

"Senang juga karena ini nuansa Lebaran lebih terasa. Kangen macet macetan, ramenya di stasiun, sekarang lebih terasa Lebaran seperti biasa," katanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

 

PM Jepang sepakati bantu pengembangan Pelabuhan Patimban Jabar

Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio mengatakan telah menyepakati pinjaman tambahan untuk melanjutkan pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban di Jawa Barat.

"Kami menyampaikan telah diputuskan secara resmi untuk memberikan pinjaman tambahan untuk memperluas Pelabuhan Patimban yang selama ini kami bantu," kata PM Kishida dalam konferensi pers bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Ia tidak merinci besaran pinjaman tambahan tersebut.

Baca selengkapnya di sini

 

Presiden ingin percepatan kerja sama transisi energi dengan Jepang

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan adanya percepatan untuk tindak lanjut kerja sama transisi energi dengan Jepang.

Realisasi percepatan kerja sama itu dapat digencarkan melalui hadirnya investasi di proyek pengembangan energi baru dan terbarukan seperti hidrogen, biomassa, dan metanol.

"Di sektor energi dan lingkungan hidup, saya mengharapkan percepatan tindak lanjut kerja sama transisi energi melalui investasi energi baru terbarukan seperti hidrogen, biomassa, dan metanol," kata Presiden dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

 

OJK: Perdagangan-manufaktur dorong kredit tumbuh 6,6 persen di Maret

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sektor perdagangan, manufaktur, dan rumah tangga menjadi pendorong utama pertumbuhan kredit perbankan sebesar 6,67 persen (year on year/yoy) pada Maret 2022.

"Secara sektoral, mayoritas sektor utama mencatatkan kenaikan kredit secara bulanan (month to month/mtm), terutama perdagangan, manufaktur, dan rumah tangga masing-masing sebesar Rp20,2 triliun, Rp19,3 triliun, dan Rp16,7 triliun," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam keterangan di laman resmi OJK, yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022