Bandarlampung (ANTARA) - Arus pemudik baik keberangkatan maupun kedatangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada H-2 Lebaran terpantau landai.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Sabtu, di pintu masuk (tol gate) sebelum ke dermaga di Pelabuhan Bakauheni kondisi masih lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan.

Namun begitu, arus kendaraan dari pulau Sumatera satu per satu terus berdatangan ke pelabuhan meskipun intensitasnya tidak terlalu tinggi.

Umumnya kendaraan yang datang merupakan mobil pribadi, sehingga terkadang antrean di tol gate dermaga eksekutif lebih ramai dibandingkan dengan yang lainnya.

Baca juga: Ratusan ribu pemudik ke Merak melalui Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Pemudik padati Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan


Namun bus-bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan pengendara motor pun masih terlihat berdatangan satu per satu.

Sementara itu, pemudik pejalan kaki yang ingin menuju ke Pulau Jawa juga masih landai di Pelabuhan Bakauheni hal tersebut terlihat dari minimnya orang yang mengantre di loket-loket pembelian tiket di sana.

Berdasarkan data angkutan Lebaran PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni per 12 jam pada H-2 Lebaran dari pukul 20.00-08.00 WIB tercatat keberangkatan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni berjumlah 51.234 orang.

Terinci jumlah penumpang jalan kaki berjumlah 1.071 orang, kemudian penumpangan dalam kendaraan berjumlah 50.163 orang.

Data pemudik tersebut menunjukkan pada H-2 Lebaran selama 12 jam terjadi peningkatan keberangkatan jika dibandingkan dengan H-3 Lebaran yang berjumlah 48.106 dengan waktu yang sama.

Baca juga: 217 ribu penumpang diangkut melalui penyeberangan Bakauheni

Baca juga: Polda Lampung dirikan dapur umum di Pelabuhan Bakauheni

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022