Tangerang (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), PT Angkasa Pura (AP) II, menyampaikan pihaknya masih membatasi penumpang yang mengantre di loket pemeriksaan (check in counter) demi mencegah penumpukan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menyampaikan pembatasan itu berlaku khususnya di Terminal 1 dan Terminal 2.

“Mekanisme check in ini kami atur khususnya di Terminal 1 dan Terminal 2 ada mekanisme yang kami atur, mereka (penumpang, Red.) masuk check in counter itu paling cepat 1 jam menjelang keberangkatan,” kata Awaluddin saat memberi keterangan di Posko Angkutan Lebaran Terminal 1B, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu.

Ia menyampaikan jika tidak ada pembatasan atau semua penumpang diperbolehkan mengantre di “check in counter”, maka itu akan menyulitkan petugas yang mengatur agar antrean tetap tertib.

Baca juga: Mahfud ingatkan pemudik tidak terburu-buru dan beristirahat jika lelah

Walaupun demikian, ia menganjurkan penumpang untuk tiba di bandara 2–3 jam sebelum waktu keberangkatan demi mencegah keterlambatan.

Terkait itu, ia mengamati sebagian besar penumpang di Bandara Soekarno Hatta telah mengikuti anjuran tersebut.

“Jadi, kami berterima kasih kepada penumpang, masyarakat, yang telah mengikuti proses ini,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Awaluddin menyampaikan selama periode arus mudik yang berlangsung sejak minggu lalu sampai hari H lebaran, pihaknya terus mengantisipasi adanya penumpukan antrean di loket pemeriksaan (check in counter), pemeriksaan tiket, dan area tunggu pesawat.

Namun langkah antisipasi di tempat-tempat itu tidak lagi berlaku saat arus balik, karena situasi penumpukannya berbeda, kata Awaluddin.

“Kalau arus balik itu antisipasinya paling tidak di (area) pengurusan bagasi,” kata dia.

Kemudian, potensi penumpukan penumpang juga kemungkinan ada di area penjemputan dan area untuk naik transportasi umum seperti bus, kereta, dan taksi.

Data AP II menunjukkan penumpang di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu diprediksi mencapai 132.272 penumpang, terdiri atas 78.043 penumpang yang berangkat, dan 54.229 penumpang tiba.

Jumlah terbanyak ada di Terminal 2, yaitu sebanyak 62.148, yang terdiri atas 36.929 penumpang berangkat dan 25.219 penumpang tiba.

Kemudian, jumlah penumpang di Terminal 3 pada Sabtu diperkirakan mencapai 46.842 orang, dan di Terminal 1 diprediksi ada 23.281 penumpang yang berangkat dan tiba.

Dari pantauan ANTARA di Terminal 2 sekitar pukul 15.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, pergerakan penumpang di area keberangkatan masih cukup landai.

Antrean di loket-loket pemeriksaan (check in counter) Terminal 2 pun masih dalam batas wajar atau belum melewati garis yang dipasang petugas.

Baca juga: Jumlah pemudik di Terminal Pulogebang berkurang 20 persen
Baca juga: Menparekraf berharap kunjungan ke desa wisata meningkat selama mudik
Baca juga: Menhub siapkan pelabuhan tambahan untuk urai kemacetan di Merak

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022