Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan menyebutkan lebih seribu penumpang berangkat mudik di Terminal Kilometer 6 Banjarmasin, Sabtu.

"Makin sore meningkat hampir sama dengan kemarin," kata Kepala UPT Terminal Tipe B KM-6 Banjarmasin Tommy Hariadi di Banjarmasin.

Namun, kata dia, situasinya berbeda dari hari kemarin (29/4/2022), yakni, sejak pagi ramai, pada hari ini di atas pukul 12.00 WITA naik kedatangan penumpangnya.

"Tapi masih banyak hari kemarin, puncaknya kemarin itu," ucap Tommy.

Menurut dia, kedatangan penumpang hari ini melebihi seribu dari semua jurusan, baik antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP).

Adapun untuk AKDP, kata dia, jumlah kendaraan umum yang berangkat membawa penumpang, baik jenis L300 maupun bus sedang, mencapai 40 unit.

Ia menyebutkan jurusan AKDP, yakni jurusan Banua Enam meliputi Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung, dan Balangan.

Jurusan AKDP lain adalah Palaihari, Batulicin dan Kotabaru, total memberangkatkan penumpang ratusan orang.

Sama halnya dengan jurusan AKAP, tujuan Samarinda, Kalimantan Timur dan tujuan Palangkaraya atau Sampit, juga Tamiyang Layang hingga Bontok daerah Kalimantan Tengah, total memberangkatkan penumpang ratusan orang.

"Jadi, perkiraan kami seperti kemarin lebih dari 1.000 penumpang pada hari ini berangkat dari terminal KM-6 untuk semua jurusan, baik AKAP maupun AKDP," ujarnya.

Sejauh ini, menurut dia, tidak ada kendala berarti dalam kelancaran pemudik berangkat ke kampung halaman untuk berlebaran karena semuanya terangkut hingga malam ini.

"Jadi, kami laporkan semua lancar terkendali," ujar Tommy.

Baca juga: Jasa Marga catat rekor layani volume lalin tertinggi periode mudik

Baca juga: Pemudik jalur Pantura Indramayu manfaatkan masjid untuk istirahat

Pewarta: Sukarli
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022