Gorontalo (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, mengimbau pelaku mudik hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya mencegah penularan COVID-19.

"Saya mengecek arus mudik di lintas Sulawesi daerah ini, termasuk di Pelabuhan Kwandang untuk memastikan pengamanan perayaan, sejak malam hingga hari H pelaksanaan ibadah Natal. Termasuk memastikan arus kedatangan dan keberangkatan melalui pelabuhan ini, tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah COVID-19," katanya, di Gorontalo, Sabtu.

Baca juga: Pj Gubernur DKI tinjau persiapan Natal sejumlah gereja di Jakarta

Setiap personel yang ditempatkan di pos pengamanan, diwajibkan memastikan keamanan penumpang saat berada di pintu masuk pelabuhan.

Setiap penumpang yang masuk dan keluar wilayah Gorontalo melalui Pelabuhan Kwandang pun diimbau tetap menerapkan prokes.

Agar senantiasa memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. "Ini penting untuk terus diingatkan agar tidak ada yang lalai menerapkan prokes," katanya.

Ia mengatakan, pos pengamanan disiapkan di lokasi Pelabuhan Kwandang, dengan menyiagakan personel gabungan dari Polri, TNI, serta perangkat daerah terkait.

"Kita terus melakukan optimalisasi dalam memastikan keamanan wilayah pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," katanya.

Ia menambahkan, sejauh ini tidak ada penumpukan penumpang di Pelabuhan Kwandang, khususnya arus kedatangan.

Sehingga kondisi keamanan dan lalu lintas laut dipastikan dapat terkendali.

Baca juga: GPIB Immanuel imbau jemaat jaga kebersihan gereja sebagai cagar budaya
Baca juga: Unit jibom sterilisasi 17 gereja jelang Natal di Palu dan Poso
Baca juga: GP Ansor NTT terjunkan 700 personel bantu polisi jaga perayaan Natal

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022