Para seniman kontemporer yang karyanya ada di sini, hampir semua dari Indonesia terutama Yogyakarta, sebagian kecil karya kontemporer dari Singapura,"
Jakarta (ANTARA News) - Seperti apa hotel bintang lima yang punya keunikan tersendiri dengan konsep desain urban kontemporer? di Pullman Jakarta Central Park, hal itu berarti  interior kontemporer dengan ornamen patung maupun seni instalasi lainnya yang "menyapa" mulai dari lobby.

Sepanjang koridor kira-kira 20 meter menuju lift, patung-patung bayi berjajar dan uniknya mereka mengenakan bra. "Pop art" lainnya juga tersaji di berbagai titik hingga ke kamar yang berjumlah 317. Di bagian lain, menanti seni kontemporer bertuliskan "tuyul love me" (bisa juga sebagai  plesetan dari "do yo love me").  

"Para seniman kontemporer yang karyanya ada di sini, hampir semua dari Indonesia terutama Yogyakarta, sebagian kecil karya kontemporer dari Singapura," kata general manager Pullman Central Park, Fabrice Mini.

Function room-nya juga menggunakan nama-nama seniman pop art dunia; Axell, Blake, Warhol, Drexler, Hamilton. Tentu, ada interior urban kontemporer yang unik di setiap ruang tersebut.

Pullman yang resmi beroperasi mulai pekan ini berada di atas mall dan gedung parkir Central Park dan mengklaim sebagai hotel pertama bintang lima di Jakarta Barat.

Lantai pertama hotel adalah berada di tingkat 12 gedung yang terletak di Podomoro City tersebut.  Masih ada 12 lantai lagi ke atasnya.

Saat pintu kamar superior (30 meter persegi) dibuka, terlihat pemandangan unik, kamar mandi pancuran hujan terletak di tengah-tengah ruangan. Empat sisi dindingnya adalah kaca bening tapi diberi pelapis buram  setara wilayah paha hingga bahu. "pelapis ini kami pasang setelah menerima berbagai masukan," kata pihak Pullman. Mereka juga memiliki kamar deluxe, (32 meter persegi), suite dan dua presidential suite yang masih dalam tahap penyelesaian.

Lukisan, kursi dan keseluruhan interior tetap senada yaitu bernuansa urban kontemporer. Selebihnya  TV LCD 32 inci, minibar dan kelengkapan lainnya. Tinggi jendela kamar adalah juga dari lantai hingga langit-langit. Dindingnya unik, mungkin sebagian orang akan menyangka dinding itu belum selesai dikerjakan karena hanya dipoles dempul cat.

Letak tempat tidur lebih tinggi dari umumnya karena sengaja dibuat kolong yang dapat difungsikan untuk meletakkan koper. Tamu juga dapat memilih bantal untuk tempat tidur :lunak, sedang, atau keras.

Fabrice juga mengemukakan bahwa Pullman Central Park memiliki minuman khas di BUNK, lounge dua lantai dengan suasana yang juga kontemporer. "Minuman signature kami adalah bloody mary. Ada 4 jenis bloody mary kami," kata Fabrice.

Soal hidangan, tersedia restoran Collage yang menyediakan beragam hidangan internasionalsecara prasmanan ataupun  a la carte. Resto tersebut berkonsep dapur terbuka.

Menurut Fabrice, grup Accor melihat peluang bisnis hotel bintang lima di Jakarta Barat. Lokasi yang terletak di pusat kota tapi hanya 25 menit ke Bandara menurut dia adalah salah satu keunggulan Pullman.

Pullman adalah brand upscale hotel Accor yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis. "35 persen tamu kami dari luar negeri, selebihnya dari kota lain di dalam negeri seperti Surabaya dan Bandung. Kami yakin tingkat hunian bisa mencapai 70 persen," kata Fabrice.

Dia mengemukakan tamu luar negeri sebagian besar berasal dari wilayah Asia lainnya seperti China, Taiwan, Jepang dan Korea yang tidak terpengaruh krisis di Eropa.

Accor Asia Pacific Business Traveller Research 2011 menyebutkan bahwa Jakarta dan Bali adalah dua tujuan di Indonesia yang paling sering dikunjungi para pelancong bisnis dari Asia Pasifik dengan 73% dan 32% responden yang berkunjung untuk perjalanan bisnis. Untuk perjalanan bisnis domestik, hampir tiga perempat dari perjalanan bisnis di dalam negeri bertujuan ke Jakarta.

Pullman Jakarta Central Park terdiri dari 45 Superior Room, 150 Deluxe Room, 13 Executive Superior, 54 Executive Deluxe, 53 Executive Suite dan 2 Presidential Suite yang menawarkan pengalaman berkelas yang berkesan.

Hotel tersebut juga menawarkan tempat untuk memenuhi kebutuhan rapat, seminar, dan penyelenggaraan acara.

Tersedia juga fasilitas konferensi dan banquet dengan ruangan serbaguna tanpa pilar seluas lebih dari 5.700 meter persegi. Ballroom Pullman Jakarta Central Park adalah yang terluas kedua di Jakarta dan mampu mengakomodasi beragam acara seperi konser, pameran dan penikahan.

Soal koneksi internet? "Kami memberikan wi-fi gratis untuk tamu. Sekarang internet dimana-mana, kenapa juga masih dikenakan biaya? kami lebih maju," kata Fabrice.

Dia juga mengatakan para staf telah mendapat pelatihan komunikasi mengingat bisnis mereka adalah memberi pelayanan. "Semua staf sudah dilatih, mulai dari body and soul, memilih kata dan percakapan, sikap shoulder to shoulder sejak menerima tamu," katanya.

Jaringan hotel Pullman adalah bagian dari Accor, operator dengan 4.200 hote. Portofolio hotel brand Accor meliputi  Sofitel, Pullman, MGallery, Novotel, Suite Novotel, Mercure, Adagio, ibis, all seasons/ibis styles, Etap Hotel/ibis budget, hotelF1 dan Motel 6. Accor memiliki 145.000 karyawan di seluruh dunia.
(A038)



Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011