Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Rusia menuduh Ukraina membunuh warga sipil sendiri dalam serangan artileri di wilayah Kherson. Belum ada tanggapan dari Ukraina tentang laporan itu.

* Rusia menghancurkan landas pacu baru di bandara utama Odesa. Zelenskyy berjanji untuk membangunnya kembali dan mengatakan "Odesa tak akan pernah melupakan perlakuan Rusia terhadapnya."

* Ukraina mengatakan pesawat Rusia terus melancarkan serangan di Mariupol, mengincar pabrik baja Azovstal di mana tentara dan warga sipil Ukraina berlindung.

* Pertahanan udara Rusia mencegah pesawat Ukraina memasuki wilayah Bryansk, kata media Rusia yang mengutip gubernur wilayah itu. Akibatnya, serangan roket menghantam sebagian terminal minyak dan wilayah berdekatan.

* Biden memuji laporan jurnalis tentang Ukraina ketika "racun menjangkiti demokrasi kita… dengan disinformasi yang meningkat secara masif."

* Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan Rusia menggunakan buzzer untuk menyebarluaskan disinformasi tentang perang di media sosial dan menarget politisi di sejumlah negara, termasuk Inggris dan Afrika Selatan.

* Aktris Hollywood Angelina Jolie, utusan khusus badan pengungsi PBB, mengunjungi Lviv dan bertemu dengan pengungsi perang.

* Rusia yakin risiko perang nuklir harus diminimalkan dan mengatakan bahwa setiap konflik bersenjata di antara negara-negara nuklir harus dicegah, kata kantor berita TASS mengutip pejabat kementerian luar negeri.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia tuduh Ukraina serang rakyatnya sendiri
Baca juga: Inggris tuduh Rusia sebar disinformasi di media sosial
Baca juga: Levrov: Lebih 1 juta orang sudah dievakuasi dari Ukraina ke Rusia

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022