Cirebon (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota, Jawa Barat, mulai melakukan sterilisasi tempat istirahat yang berada di jalan tol arah Jakarta untuk mempersiapkan penerapan lalu lintas normal.

"Kita sudah lakukan pembersihan jalur tol arah Jakarta," kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja di Cirebon, Minggu.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas akan dikembalikan seperti saat normal, di mana lajur arah Jakarta untuk kendaraan yang mengarah ke barat atau Jakarta.

Untuk itu, pihaknya melakukan sterilisasi, terutama di tempat istirahat yang berada di KM 208 Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) Cirebon.

Baca juga: Hingga H-1, arus mudik jalur pantura dan Tol Batang-Semarang lancar

Selain itu, petugas sudah memberikan imbauan kepada para pengguna jalan tol, terutama jalur B, untuk tidak berlama-lama, agar penerapan dua arah kembali dilakukan.

"Persiapan sudah matang, tinggal instruksi untuk pembukaan jalur arah Jakarta," ujarnya.

Triyono menambahkan saat ini jalur tol arah Jawa Tengah sudah landai dari arus kendaraan pemudik, karena memang puncaknya sudah terlewati.

Arus lalu lintas di jalur pantai utara Cirebon juga ramai lancar, tidak sepadat pada Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4), di mana pihak kepolisian sempat mengalihkan arus kendaraan dari Jawa Tengah ke jalur alternatif Indramayu.

"Pantura juga sudah lancar, penerapan satu arah akan dihapuskan pada hari ini," katanya.

Baca juga: Rekayasa tol satu jalur picu keterlambatan bus di Terminal Pulogebang
Baca juga: Akses Tol Cisumdawu menuju Sumedang dibuka untuk hindari kemacetan
Baca juga: Arus mudik tol jalur Semarang-Solo di Boyolali padat lancar

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022