Jambi (ANTARA) - Patroli keliling Polres Batanghari, Provinsi Jambi melakukan pengawalan terhadap bus angkutan mudik karena padatnya jalan-jalan protokol di daerah itu dengan kegiatan takbiran keliling.

"Pengawalan dilakukan agar bus angkutan mudik dapat melanjutkan perjalanannya dengan aman dan lancar," kata Kepala Pos Pelayanan Mudik Simpang BBC Muara Bulian, Kabupaten Batanghari Erwin Simatupang di Batanghari, Minggu.

Pengawalan dilakukan saat bus angkutan mudik memasuki wilayah Kota Muara Bulian, tepatnya dari Kelurahan Pasar Baru hingga kelurahan Muara Bulian. Dimana bus yang dikawal tersebut merupakan angkutan mudik dari Arah Sumatera Barat menuju Sumatera Selatan dan Kota Jambi. Begitu pula dengan bus dari arah sebaliknya turut dilakukan pengawalan.

Baca juga: Malam takbiran,, arus lalu lintas di Tebing Tinggi-Sumut padat

Pengawalan tersebut dilakukan hingga kondisi lalu lintas sudah lancar.

Dimana di sepanjang jalan-jalan protokol dalam Kota Muara Bulian, Kabupaten Batanghari dipadati dengan masyarakat yang melaksanakan takbiran keliling.

"Dengan pengawalan tersebut harapannya bus angkutan mudik tidak terkendala dan takbiran dapat berjalan dengan aman dan terkendali," kata Erwin Simatupang.

Sementara itu pantauan di jalan Lintas Sumatera bagian barat, puncak arus mudik terjadi pada H-3 dan H-2 hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pada puncak arus mudik tersebut didominasi kendaraan-kendaraan pribadi roda empat dari arah Provinsi Sumatera Selatan menuju Provinsi Sumatera Barat. Dan seri nomor kendaraan bermotor yang terpantau di dominasi oleh seri kendaraan bermotor dari Pulau Jawa. Seperti seri B dari Jakarta, seri D dari Kota Bandung, seri F dari Kota Bogor.

"Selama puncak arus mudik, lalu lintas terpantau padat lancar," kata Erwin Simatupang.

Baca juga: Arus mudik di Jalur Nagreg lancar pada H-1 Lebaran
Baca juga: Minat vaksinasi COVID-19 penguat di Pelabuhan Merak rendah

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022